Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Kecelakaan Motor akibat Buka Pintu Mobil Sembarangan

Kompas.com - 13/10/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi dan pemilik mobil tidak hanya harus berhati-hati ketika berkendara, tetapi juga saat parkir di pinggir jalan. Pasalnya, apabila asal buka pintu tanpa tengok ke belakang, hal itu bisa picu kecelakaan.

Seperti salah satu contoh video yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Indonesia, Jumat (13/10/2023). Dalam rekaman tersebut, terlihat penumpang mobil yang sembarang membuka pintu kendaraan tanpa melihat kondisi lalu lintas sekitar.

Pada saat yang bersamaan, ada pengemudi motor yang melintas, tentu saja tidak mengira akan ada pintu yang terbuka. Situasi ini tidak bisa dihindari oleh pengemudi motor hingga akhirnya terjatuh.

Baca juga: Penerapan Ganjil Genap Motor Diklaim Bisa Turunkan Emisi sampai 29 Persen

Tak hanya itu, dilihat pada video tersebut, pengemudi mobil juga berhenti tidak pada tempatnya. Di mana ia menurunkan penumpang di tengah jalan, tanpa menepikan kendaraannya terlebih dulu.

Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, etika menurunkan penumpang yang baik untuk keselamatan adalah wajib berhenti di tempat yang aman, apa pun alasannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Meminggirkan kendaraan di tempat aman, lalu pastikan penumpang keluar dari arah pintu kiri sisi jalan, bukan jalur kendaraan lain lalu lalang,” ujar Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Roslianna melanjutkan, kalau penumpang harus keluar dari sisi kanan sopir seperti dalam video, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membuka pintu.

“Penumpang wajib menoleh kebelakang terlebih dahulu, memastikan kondisi aman, baru bisa buka pintu sedikit saja (perlahan-lahan, sambil tetap waspada ke arah belakang), tujuannya untuk membangun awareness pengendara atau pengguna jalan lain,” kata Roslianna.

Baca juga: Cek Daftar Harga Ban Mobil per Oktober 2023

Bila kondisi dinilai sudah aman, penumpang boleh membuka pintu tetapi tidak perlu lebar-lebar, cukup untuk mengeluarkan tubuh.

“Hal ini pun wajib diajarkan ke anak-anak kita sehingga tidak terjadi hal tersebut, mengingat anak-anak kurang tingkat kewaspadaannya. Selain itu, sebagai penumpang juga wajib memiliki kesadaran atas keselamatan dirinya,” ucap Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com