Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Janjikan Mobil Listrik dan Hybrid Baru di 2024

Kompas.com - 20/08/2023, 09:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menimbang adanya peningkatan minat konsumen terhadap kendaraan berbasis baterai, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku berencana memperbanyak mobil dengan teknologi Hybrid (HEV) dan Listrik (BEV) pada tahun 2024.

Pertimbangan tersebut disampaikan setelah menyampaikan rekap data sementara untuk penjualan TAM di GIIAS 2023. Berdasarkan catatan, mobil hybrid menyumbang angka cukup tinggi, sebanyak 775 unit.

Anton Jimmi Suwandy, Direktor Pemasaran TAM, menjelaskan, angka tersebut terbilang sangat baik, karena mengalami lonjakan sebanyak hampir 6 kali lipat, bila dibandingkan dengan rekap penjualan di GIIAS tahun lalu.

Baca juga: Rencana Besar Chery untuk Omoda 5 EV di Indonesia

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Dia menegaskan, akan ada model-model mobil Hybrid terbaru pada 2024, menimbang penerapan teknologi hijau sendiri merupakan agenda berkelanjutan yang tengah digagas oleh TAM di Indonesia.

“Yang sudah ready pastinya kita punya (teknologi) BEV, Plug In Hybrid, juga hybrid local production kita sudah punya dan pastinyaa akan bertambah (modelnya),” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Anton menjelaskan, penambahan model kendaraan berbasis baterai tersebut juga merupakan komitmen TAM terhadap keputusan pemerintah, yakni menyediakan 20 persen sampai 30 persen model ramah lingkungan dari total keseluruhan yang dijual.

Baca juga: Alasan Industri Otomotif Masuk Prioritas Making Indonesia 4.0

All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023

“Kita sudah mulai, terbaru kan sudah diluncurkan All New Alphard Hybrid, Rav4 Hybrid. Kedepannya pasti (jumlah kendaraan listrik akan bertambah,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejauh ini TAM sudah memiliki beberapa varian hybrid yang dipasarkan, beberapa di antaranya adalah Innova Zenix Hybrid, Alphard Hybrid, Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, serta lini terbarunya, yakni Rav4 Hybrid dan Corolla Cross Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com