Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Apik Isuzu MU-X dan D-Max di Awal 2023

Kompas.com - 11/05/2023, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaaraan niaga atau Light Commercial Vehicle (LCV)  Isuzu di Indonesia melonjak drastis pada kuartal -1 2023. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) sepanjang triwulan I 2023 atau kuartal -1 2023 , penjualan ritel MU-X sebanyak 57 unit, naik dari periode yang sama tahun lalu hanya terjual 15 unit.

Lalu D-Max pada triwulan I 2023 terjual sebanyak 466 unit, atau naik signifikan dari Triwulan I 2022 yang hanya terjual 31 unit.

“Kenaikan All New Isuzu MU-X 4x4 di kuartal pertama 2023 mencapai lebih dari 250 persen, serta kenaikan All New Isuzu D-Max di atas 650 persen, tentu saja merupakan kabar baik untuk kami Astra Isuzu sebagai distributor LCV Isuzu di Indonesia. Konsumen makin percaya pada produk kami,” kata COO Astra Isuzu Yohanes Pratama pada keterangan resmi, Kamis (11/5/2023) siang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Parfum Mobil Bikin Kabin Bau Kecut?

Total penjualan produk Isuzu secara keseluruhan pada triwulan I 2022 sebanyak 7.126 unit, kemudian naik menjadi 8.311 unit pada periode yang sama 2023. Market share juga naik dari 3,0 persen menjadi 3,1 persen.

Yohanes juga mengatakan, kenaikan penjualan itu selain sudah pulihnya pasokan kendaraan, juga dipengaruhi sejumlah program after sales yang massif dilakukan Astra Isuzu.

Seperti dalam rangkaian program pengenalan produk LCV Isuzu di beberapa kota, yaitu MU-X dan D-Max terbaru. Pengenalan kepada mitra Isuzu tersebut mayoritas perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, dan migas.

 Selain itu, Astra Isuzu juga menyediakan parts rotation di beberapa area yang bertujuan mempercepat proses pergantian dan perbaikan kendaraan konsumen jika diperlukan.

“Beberapa inisiatif tersebut berhasil menjawab kebutuhan konsumen di segmen ini,” kata Yohanes.

Isuzu D-MAXIIsuzu Isuzu D-MAXI

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kabin Mobil Agar Tidak Bau Apak, Jangan Pakai Parfum

Sementara itu, Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengatakan pihaknya terus intensif menangkap peluang membaiknya ekonomi dengan mendekati konsumen.

Maka dari itu, Astra Isuzu juga memberikan program spesial seperti cashback atau Free Ban MT dan gratis asuransi untuk pengemudi.

“Harapannya dengan program tersebut, kebutuhan spare part customer dapat terpenuhi secara maksimal,” kata Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com