Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Franco Morbidelli Dihukum Long Lap Penalty di GP Jerez

Kompas.com - 30/04/2023, 08:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Steward FIM resmi menjatuhkan hukuman berupa long lap penalty kepada Franco Morbidelli di GP Jerez, Spanyol. Setelah menyebabkan Alex Marquez terjatuh di sprint race Jerez, Sabtu (29/3/2023).

Morbidelli dianggap berkendara dengan cara yang tidak bertanggung jawab hingga menyebabkan kecelakaan pebalap lain. Banding yang dilakukan tim Monster Yamaha ditolak oleh pihak FIM.

Baca juga: Klasemen Usai Sprint Race MotoGP Spanyol, Bezzecchi Masih Memimpin

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

Kronologisnya ialah Alex disalip oleh Fabio Quartararo. Ketika Alex melebar Morbidelli kemudian masuk. Tapi Alex tidak tahu keberadaan Morbidelli, sehingga membuat keduanya tersungkur.

“Saya tidak menyangka karena saya berada di dalam, di garis, tidak ada ruang dan ketika saya mendengar suara motor, saya berkata, 'dari mana datangnya?' Kemudian saya merasakan kontaknya, yang cukup besar," kata Alex dikutip dari Crash, Minggu (30/4/2023).

“Bagi saya itu sudah melewati batas, karena tidak ada ruang,” kata Alex.

Morbidelli tak terima dia dianggap ugal-ugalan. Jebolan VR46 Academy itu mengatakan saat kejadian dia tak ingin menyalip Alex. Justru Alex yang memotong jalurnya secara sembarangan.

Baca juga: Apa Benar Semakin Encer Oli Mesin Semakin Berkualitas?

“Saya tidak mencoba menyalip dia! Saya sedang melakukan sudut saya," kata Morbidelli.

“Dia disalip oleh Fabio dan melebar. Saya melihat celah, saya pergi untuk melakukan sudut saya dengan baik dan ketat. Saya tidak ingin menyusulnya. Saya berkata, 'Oke, saya taruh motor saya di sini' dan dia datang memotong jalur," katanya.

“Dia tidak melihat saya atau tidak meninggalkan ruang, saya tidak tahu, tetapi hasilnya dia memotong garis, kami bersentuhan dan saya terjatuh. Saya tidak ingin menyalip siapa pun. Saya hanya ingin melakukan sudut saya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com