Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Posisi Tutup Tangki BBM Saat Mudik Pakai Mobil Rental

Kompas.com - 14/04/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang mudik menggunakan mobil rental, tentu perlu melakukan adaptasi sebelum melakukan perjalanan. Apalagi bila sistem sewanya lepas kunci alias bawa sendiri.

Adaptasi dilakukan mengetahui fitur-fitur yang disajikan. Salah satu yang penting adalah posisi tutup tangki bahan bakar minyak (BBM), karena letaknya berbeda-beda tiap mobil.

Tak jarang ditemui pengendara yang masih bingung mencari posisi tutup tangki BBM saat akan melakukan pengisian di SPBU, terutama bagi yang menggunakan mobil pinjaman karena tidak terbiasa.

Alhasil, banyak pengemudi sampai ada yang turun dari mobil untuk memastikan posisinya ketika sudah sampai SPBU.

Baca juga: Mana Lebih Bertenaga, Brio Satya atau Generasi Baru Ayla?

Padahal, untuk mengetahui letak tutup tangki BBM mobil bisa disikapi dengan mudah dengan melihat indikator pada metercluster.

Lambang segitiga yang jadi petunjuk posisi tutup tangki BBM di mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Lambang segitiga yang jadi petunjuk posisi tutup tangki BBM di mobil

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, cara mudah mengetahui posisi tutup tangki BBM mobil dapat dilakukan tanpa harus turun atau mengintip ke kaca spion.

"Umumnya pada semua metercluster informasi dasar soal mobil itu sudah ada, termasuk posisi tangki BBM. Bisa dilihat dari lambang segitiga yang berada dekat dengan gambar dispenser BBM, cukup mudah," ujar Bambang beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Bila tanda segitiga seperti anak panah tersebut di kiri dispener, lanjut Bambang, berarti posisi tangki BBM pada mobil yang digunakan ada di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Daftar Link CCTV untuk Pantau Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran 2023

Dengan cara tersebut, meski menggunakan mobil pinjaman atau sewa, pengemudi bisa langsung mengetahui posisi tutup tangki BBM tanpa harus repot turun.

Lebih lanjut Bambang juga menjelaskan, soal masalah tekanan udara pada ban yang informasinya juga sudah tersedia melalui stiker di bagian pintu pengendara.

Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.

"Soal tekanan udara ban, info itu sudah disediakan di bagian pintu pengendara. Itu cukup lengkap antara ban depan belakang sampai ukuran yang dibutuhkan ketika membawa penumpang, jadi patokannya sesuai itu saja," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com