Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Aksi Pemuda Tandai Jalan Berlubang Pakai Cat Semprot

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan yang berlubang cukup berbahaya dan mengancam keselamatan pengendara, terutama untuk pengguna roda dua. Kecelakaan bisa terjadi karena motor menerjang lubang, terutama pada malam hari.

Untuk mencegah kecelakaan akibat jalan berlubang, sejumlah pemuda di Gresik melakukan perbuatan terpuji dengan memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot.

Aksi itu pun viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Tiktok bernama @sate.bakar.id. Dalam rekaman tersebut, terlihat sejumlah pemuda memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot berwarna putih.

“Bukan apa-apa, hanya tidak ingin terjadi apa-apa,” tulis keterangan unggahan tersebut.

“Sederhana tapi sangat bermanfaat,” tulis akun @nakcomell27.

“Ini berguna banget, apalagi pulang malam sendirian habis dari apotek,” tulis akun @miawmiauw.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot cukup membantu pengendara motor agar lebih bisa berhati-hati dengan adanya potensi bahaya di jalan, seperti jalan berlubang dan rusak.

“Apalagi jika cat semprot itu menggunakan warna yang cerah sehingga pada saat jalan gelap maka mata pengendara dapat melihat tanda tersebut,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Namun, Agus melanjutkan, cat semprot tersebut hanya berfungsi sebagai penanda. Perihal pengendara bisa menghindar lubang tersebut atau tidak tergantung dari kemampuan si pengemudi dalam mengoperasikan kendaraannya.

“Apabila dia sadar terhadap tanda-tanda bahaya yang ada di jalan maka dia akan mengurangi kecepatan kendaraannya agar bisa lebih aman dalam melewati jalan tersebut,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/29/132100415/viral-video-aksi-pemuda-tandai-jalan-berlubang-pakai-cat-semprot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke