Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Berjatuhan Gara-gara Jalanan Penuh Laron

Kompas.com - 26/03/2023, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan beberapa pengendara sepeda motor jatuh akibat jalan licin karena ada laron yang berterbangan.

Tidak dijelaskan waktu dan tempat kejadian tersebut. Dalam video yang diunggah akun Twitter, Mendut Lur, terlihat jalan penuh dengan laron yang tidak hanya membuat jalan licin namun penglihatan juga terganggu.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2023 Usai Sprint Race Portugal, Bagnaia Memimpin

"Laron, laron, pelan-pelan," kata suara di dalam video tersebut dilansir Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

 

Kondisi tersebut cukup menarik sebab biasanya jalanan licin disebabkan air hujan, tumpukan tanah, batu kerikil atau tumpahan oli, namun kali ini karena laron yang menumpuk di permukaan jalan.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, tips menghadapi kondisi jalan licin bagi pengendara motor, pada dasarnya ialah mentgetahui apa yang akan dilewati dan mengerem yang tepat.

"Pengendara haruslah fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: PO Delima Sri Gemilang Luncurkan Sleeper Bus Rakitan Tentrem

PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.Foto: AHM PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.

Jika sadar jalan yang dilalui licin maka pengendara jangan menggunakan rem depan apalagi secara mendadak. Sebab penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucap Agus.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara mudah jatuh karena kurang antisipasi. Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com