Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 19:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor seringkali menerapkan langkah alternatif, salah satu contohnya menggunakan ban dalam untuk ban jenis tubeless.

Biasanya, langkah itu dilakukan untuk ban tubeless yang masih terbilang baru tapi mengalami kebocoran di area vital seperti sidewall.

Mengenai kebolehan dan keamanan, sebenarnya menggunakan ban dalam untuk ban tubeless bisa dilakukan dengan toloransi kerusakan bagian luarnya sedikit.

“Ini biasanya dilakukan sama pengendara yang ban tubeless-nya masih bagus, tapi ada kebocoran di sidewall atau kembangan. Aman-aman saja kok, tidak ada masalah,” kata Andre Satrio, Manajer Motorsport Pirelli Indonesia kepada Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Baca juga: Pahami Alasan Kenapa Mobil Dilarang Putar Balik di Jalan Tol

Ilustrasi toko Warung Ban yang menyediakan aneka ban motor di Depok, Jawa Barat.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi toko Warung Ban yang menyediakan aneka ban motor di Depok, Jawa Barat.

Namun demikian, yang harus diperhatikan adalah proses pemasangannya. Ada beberapa catatan yang harus disimak dengan baik.

Pertama adalah kenyamanan, berkendara menggunakan ban dalam dan ban tubeless terasa sedikit tidak mulus. Hal ini wajar, mengingat ketebalan ban meningkat.

“Mungkin berkendara jadi sedikit kurang nyaman karena ban terasa tebal, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah lain,” kata Andre.

Walaupun aman-aman saja, Andre menyarankan pengguna untuk mengganti ban tubeless yang rusak dengan yang baru. Hal ini agar pengendara juga bisa lebih nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com