Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Layanan Transportasi Ini Bekali Keterampilan Siswa SMK Otomotif

Kompas.com - 16/03/2023, 08:44 WIB
Aditya Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Pinasthika Mustika Rent atau MPMRent yang merupakan perusahaan layanan transportasi ini ikut mengembangkan keterampilan siswa sekolah vokasi lewat program kerja sama dengan SMK.

Tentunya langkah tersebut merupakan respons perusahaan terhadap tingginya angka pengangguran dari kalangan lulusan SMK.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, masih menempati posisi tertinggi penyumbang pengangguran. Tercatat per Agustus 2022, tingkat pengangguran terbuka mencapai 8,42 juta orang, dari jumlah itu lulusan SMK sebanyak 9,42 persen.

Baca juga: Kemenperin Kembangkan Pendidikan Vokasi Menuju Era Elektrifikasi

 

MPMRent berkontribusi terhadap pengentasan pengangguran dari lulusan SMK adalah kerja sama dengan sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa. Tercatat, MPMRent telah meneken kerja sama dengan SMK Negeri 2 Palembang penyediaan lapangan pekerjaan dan tempat untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa dan lulusan.

Triatmoko N.J., HRGA & Manpower Business Vice President MPMRent mengatakan inisiatif ini menjadi bentuk kepedulian MPMRent akan kebutuhan lapangan kerja maupun tempat bagi para pelajar SMK tingkat akhir untuk mempraktekkan ilmunya secara langsung.

“Dan kami berikan kesempatan tersebut di MPMRent. Kegiatan ini adalah salah satu program CSR MPMRent dalam bidang Pendidikan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan keterampilan generasi muda SMK agar mampu bersaing memasuki dunia kerja,” tutur Triatmoko dalam keterangan resmi, Kamis (16/3/2023).

Menurut dia, program yang telah dilaksanakan sejak 2019 ini akan terus dilanjutkan di beberapa kota besar lain dengan SMK unggulan berbasis otomotif, kendaraan ringan dan mesin, serta perguruan tinggi.

Selain itu, program sosial MPMRent juga meliputi edukasi berkendara kepada para siswa. Pada kesempatan yang sama, telah menginisiasi seminar untuk SMK Negeri 2 palembang dengan menghadirkan narasumber dari internal MPMRent dan Satuan Lalu Lintas Poltabes Kota Palembang, dengan tajuk seminar “Safety Riding and Safety Driving: Anak Muda Berkarya Selamat di Jalan Raya”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com