Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jateng Persiapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 26/02/2023, 18:40 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah melakukan pengecekan jalur mudik Lebaran 2023 guna menghindari kemacetan dan kecelakaan.

Pemantauan lokasi dilakukan di wilayah Pati, Rembang, Banyumas, dan Cilacap. Nantinya, jalur-jalur yang rawan tersebut akan di evaluasi, termasuk menyiagakan sejumlah personil gabungan. 

Seperti dikatakan Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho. Menurut dia, upaya antisipasi kemacetan dan kecelakaan menjadi tugas kepolisian.

Pihaknya bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam menyiapkan skenario darurat dan pemetaan wilayah rawan kecelakaan. 

Jalur Pantai Selatan (Pansela)KEMENHUB Jalur Pantai Selatan (Pansela)

"Di ruas tol maupun non-tol kita koordinasikan dimana saja titik yang rawan. Jadi, nanti bila kita instruksikan one way, atau pengalihan arus di arteri siap," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Ratusan Ribu Pengendara di Jawa Tengah Terjaring Operasi Keselamatan Candi 2023

Langkah antisipasi kemacetan di Jawa Tengah, menurut Agus, seperti Lebaran tahun lalu, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas di gerbang tol dan sejumlah jalur arteri. 

Kemudian, kepolisian juga menggunakan evaluasi pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2023, terutama dalam menyiapkan upaya penegakan hukum (gakkum) di Jawa Tengah. 

Uji coba E-TLE drone di Magelang Humas Polda Jawa Tengah Uji coba E-TLE drone di Magelang

"E-TLE drone nanti digunakan di seluruh wilayah, jadi bisa memantau trouble spot dimana dan tetap bisa merekam pelanggaran lalin," kata Agus. 

Selain itu, kepolisian berharap masyarakat bisa mempersiapkan kondisi fisik, kendaraan, dan rute perjalanan saat mudik lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com