BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Menyesuaikan Kebutuhan Lifestyle Pelanggan, Lexus Luncurkan The All New Lexus RX di Indonesia dengan Powertrain Lengkap

Kompas.com - 22/02/2023, 15:40 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Peluncuran The All New Lexus RX di Indonesia, Selasa (21/2/2023), disambut antusias oleh para pencinta otomotif. Pasalnya, Lexus Indonesia menghadirkan pilihan powertrain lengkap.

Selain varian gasoline, Lexus turut menghadirkan powertrain baru ke dalam line-up The All New Lexus RX, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), sebagai upaya menuju netral karbon sekaligus memenuhi kebutuhan dan lifestyle pelangggan.

"Teknologi elektrifikasi telah menjadi pilihan lifestyle baru tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara global. Hal ini sejalan dengan kebutuhan mobilitas yang kian berkembang dan beragam," ujar General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Lexus Klaim 1.000 Orang Antri Mau Pesan All New Lexus RX

The All New Lexus RX, kata Bansar, tak hanya hadir dengan powertrain lengkap, tetapi juga disempurnakan melalui konsep desain dan fitur-fitur baru dengan teknologi terkini.

“Ke depannya, Lexus akan terus menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan elektrifikasi untuk Lexus Enthusiast di Indonesia,” kata Bansar.

Ia pun yakin bahwa pihaknya dapat memimpin pasar sebagai pioneer electrified luxury automotive brand, terutama di segmen luxury medium sport utility vehicle (SUV).

Mengenal tiga powertrain yang dihadirkan generasi kelima Lexus RX

Sebagai informasi, The All New Lexus RX tampil perdana secara global pada Juni 2022. Hingga kini, Lexus mencatatkan angka penjualan global lebih dari 3,5 juta unit.

Dikembangkan dengan fokus pada high quality comfort dan majestic performance, tak heran kalau generasi kelima Lexus RX diklaim sebagai medium luxury SUV dan langsung merebut hati Lexus Enthusiast.

Lalu, apa saja teknologi yang dihadirkan lewat ketiga powertrain The All New Lexus RX, yakni PHEV, HEV, dan Gasoline?

Baca juga: Spesifikasi Lexus RX 450h+ Luxury

Powertrain PHEV digunakan pada Lexus RX 450h+ Luxury. SUV ini ditunjang dengan engine 2.5L 4 silinder Plug-In Hybrid Electric bertenaga 30 horsepower (Hp) bertransmisi Hybrid Transaxle CVT.

Baterai lithium-ion berdaya 18,1 kilowatt hour (kWh) juga dibenamkan pada teknologi tersebut untuk mendukung kinerja motor listrik pada roda depan dan belakang. Hal ini mampu menciptakan sistem E-Four tangguh dan efisien. Dengan demikian, Lexus RX 450h+ Luxury dapat menempuh jarak 60-70 kilometer dengan full electric vehicle (EV) tanpa bantuan motor bakar.

Lexus RX 450h+ Luxury juga dilengkapi dengan AC Wall Charger sehingga pengguna dapat melakukan isi ulang baterai di rumah dengan durasi pengisian sekitar 2,5-3 jam untuk pemenuhan kapasitas baterai hingga 100 persen. Tidak hanya itu, Lexus juga membekali portable charger untuk memudahkan pengisian daya pada stop kontak pada umumnya.

Powertrain selanjutnya yang digunakan The All New Lexus RX adalah HEV. Teknologi ini digunakan pada model Lexus RX 350h Luxury. Untuk mesin dan transmisi, model ini memiliki kesamaan dengan RX PHEV.

Lexus menawarkan mobilitas dengan keseimbangan antara efisiensi dan kenyamanan berkendara lewat penggunaan powertrain HEV yang memiliki output tenaga 247 Hp dan berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD) pada Lexus RX 350h Luxury.

Terakhir, Lexus juga menghadirkan powertrain Gasoline pada Lexus RX 350 Luxury. Generasi kelima ini hadir dengan tenaga lebih powerful ketimbang generasi sebelumnya.

Adapun Lexus RX 350 Luxury dibekali engine 2,4L 4-silinder turbocharged yang dapat menghasilkan tenaga 275 Hp dengan FWD dan disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speed Direct Shift.

Pengisian daya Lexus RX PHEV dapat dilakukan di rumah. Dok. Lexus Indonesia Pengisian daya Lexus RX PHEV dapat dilakukan di rumah.

Tampil dengan konsep anyar

Tidak hanya dibekali mesin elektrifikasi terkini, The All New Lexus RX juga membawa konsep desain baru. Craftsmanship Lexus Takumi membuat tampilan mobil tersebut memiliki identitas baru.

Berbagai peningkatan dan perubahan teknologi serta fitur pada ketiga The All New Lexus RX membuat mobil ini tampak lebih menarik, maskulin, dan dinamis.

Hal pertama yang dapat dilihat adalah bagian eksterior mobil. Pada bagian luar, terdapat desain grille yang menyatu pada bodi mobil sehingga menciptakan ekspresi seamless yang menekankan identitas otentik baru Lexus, yaitu Spindel Body.

Kemudian, The All New Lexus RX memiliki dimensi trek roda dan wheelbase lebih besar. Ditambah dengan low center of gravity, kabin generasi kelima Lexus RX tersebut menjadi lebih luas. Tak hanya itu, kendaraan juga lebih stabil saat dikendalikan, dan tampilannya lebih sporty.

Baca juga: Mobil Listrik Lexus UX 300e Eks G20 Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah

Untuk tampilan yang lebih modern, Lexus juga melengkapi mobil anyar tersebut dengan 3-LED headlight with Adaptive High Beam System (AHS) berwarna hitam. Tak ketinggalan, Signature L-Shaped Light Bar di bagian belakang dan unified Lexus Logo yang menciptakan tampilan yang mudah dikenali.

Masuk ke bagian kabin, Lexus mengaplikasikan konsep Tazuna Cockpit atau driving-focused cockpit. Konsep ini memiliki tiga keunggulan, yaitu eyes on the road, hands on the wheel, dan intuitive interface. Dengan keunggulan ini pengemudi mendapatkan kemudahan untuk tetap fokus saat berkendara.

Selain mendukung kenyamanan berkendara, interior The All New Lexus RX juga memberikan suasana mewah nan elegan. Hal ini terlihat dari penggunaan Multi-color Ambient Illumination, Electric Reclining Rear Seats, Mark Levinson Sound System 21-speaker, dan 14-inch Touch Screen Multimedia Display.

Fitur canggih juga disematkan pada seri kendaraan baru Lexus tersebut. Fitur E-latch, misalnya, yang memudahkan pengguna saat membuka dan menutup pintu.

Ada juga fitur Lexus Safety System+ generasi ketiga (LSS+ 3.0). Fitur keamanan Lexus juga disempurnakan dengan fitur Safe Exit Assist. Fitur ini dapat mencegah pengguna membuka pintu jika lalu lintas sekitar tidak aman.

Seluruh varian The All New Lexus RX juga dilengkapi Intelligence Assistance yang terdiri dari voice command, Apple Carplay & Android Auto, Shift-by-wire, HUD, dan wireless charger.

Desain dalam kabin The All New Lexus RX. Dok. Lexus Indonesia Desain dalam kabin The All New Lexus RX.

Layanan istimewa untuk Lexus Enthusiast

Memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai Lexus Indonesia. Maka dari itu, pihak Lexus turut menghadirkan Lexus Gallery. Melalui pendekatan yang menyandingkan profesionalisme dengan kearifan budaya lokal, pihak Lexus berharap, fasilitas ini dapat menjadi layanan istimewa bagi Lexus Enthusiast.

Seluruh pelanggan Lexus juga mendapatkan jaminan garansi dan servis gratis, serta layanan terpadu 24/7 Lexus Concierge Service dan Lexus Mobile Concierge Service (home service). Layanan juga dilengkapi dengan road assistance untuk keadaan darurat, yaitu Lexus Fast Assistance (L-FAST) dan Electric Charging Mobile Concierge Service untuk kendaraan listrik Lexus.

Tidak hanya itu, Lexus juga menyediakan Lexus Exclusive Parking Privilege di beberapa mal di Jakarta. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengguna. Selain reserved parking, Lexus Parking Privilege juga dilengkapi dengan Exclusive Lexus Charging Network. Fasilitas ini dapat digunakan untuk mengisi daya mobil listrik Lexus tanpa tambahan biaya.

Baca juga: Sejarah SUV Mewah Lexus RX di Dunia dan Indonesia

Terbaru, Lexus Indonesia menghadirkan Immersion by Lexus. Brand space Lexus pertama di Asia Tenggara ini dihadirkan untuk melengkapi personalized ownership experience bagi pelanggan Lexus.

Immersion by Lexus yang berlokasi di Menara Astra, Jakarta, juga didedikasikan untuk merepresentasikan nilai dan filosofi Lexus. Pengunjung pun dapat mengenal lebih dalam dan merasakan Lexus Amazing Story, produk, dan Omotenashi, yang merupakan pelayanan tulus dari hati.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Immersion by Lexus, Anda dapat mengeklik tautan berikut. Sementara, untuk informasi mengenai The All New Lexus RX, silakan akses di sini

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com