Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2023, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai MotoGP 2024, kelas utama diharuskan untuk menggunakan bahan bakar sintetis alias biofuel. Repsol Honda sudah mengembangkannya dan mengujinya bersama Marc Marquez.

Kelas MotoGP mulai 2024 diwajibkan untuk menggunakan biofuel 40 persen. Lalu, pada 2027, harus meningkat lagi menjadi biofuel 100 persen.

Baca juga: Potret Joan Mir Pakai Seragam Baru Tim Repsol Honda

Setiap pabrikan motor di MotoGP bisa melanjutkan pekerjaan bersama pemasok bahan bakar untuk mengembangkan bahan bakarnya sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang pengembangan bahan bakar berkelanjutan di berbagai produsen bahan bakar.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

Salah satunya adalah Repsol yang pada November 2022 sudah melakukan pengetesan di Sirkuit Jarama, Spanyol. Repsol mengetesnya bersama Marquez menggunakan RC213V-S.

"Saya merasa baik dan tidak merasakan ada perbedaan ketika menggunakan biofuel, yang mana itu adalah tujuan utamanya, untuk mempertahankan performa di level yang tinggi," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (5/1/2023).

Baca juga: Marc Marquez Jajal Motor RC213V-S Pakai Biofuel

Namun, baru Marquez saja yang mengetesnya. Sementara rekan setimnya yang baru, Joan Mir, belum sempat untuk merasakannya. Meski demikian, Mir tetap menanggapinya dengan positif.

Joan Mir saat tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.Dok. MotoGP Joan Mir saat tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

"Ketika saya mendengar kata biofuel, saya berpikir tentang sekarang dan masa depan. Di 2024, ini akan menjadi kenyataan di Kejuaraan Dunia ini, dan saya senang mengetahui bahwa Respol Honda sudah bekerja untuk mendapatkan biofuel terbaik, dan membuat motor semakin kompetitif," kata Mir.

"Saya tidak sabar untuk menguji biofuel, membandingkannya, dan mendukung para teknisi dalam pengembangan. Sehingga, bahan bakar itu akan menolong kami untuk berjuang mendapatkan kemenangan dan gelar juara dunia," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.