Kompas.com - 07/06/2022, 14:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak jarang pengendara ihadapi dengan kondisi jalan sempit yang hanya pas untuk dilalui satu mobil.

Karena ruang yang terbatas, akhirnya memaksa salah satu pengendara mengalah untuk mundur memberikan ruang bagi mobil yang lain. 

Namun, imbas dari hal ini, tak sedikit menyebabkan mobil menyerempet tembok atau bahkan roda menyangkut ke parit.

Nah, bagi pengemudi pemula, posisi berkendara mundur adalah situasi yang cukup sulit dan tanpa disadari meningkatkan hormon adrenalin.

Baca juga: Naik Rp 11 Jutaan, Ini Bocoran Harga Suzuki Ertiga Hybrid

Bahkan, banyak juga pengemudi yang sudah mahir masih mengalami kesulitan saat hendak memarkir kendaraan dengan posisi mundur.

 

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

Training Director Safety Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, berkendara di jalan raya selama ini lebih mudah ketimbang saat mundur.     

"Mindset pengemudi kendaraan sudah terbangun, saat bergerak ke depan (fokus dan antisipasinya sejalan atau bergerak sesuai dengan arah pandangan mata),” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Beda lagi saat posisi parkir kendaraan, ketika ancang-ancang mengambil space parkir pengemudi mengarahkan kendaraan ke belakang.

 

Artinya, tingkat kesulitan bertambah lantaran dibutuhkan reference point untuk bisa parkir lurus mengikuti garis parkir. 

"Dibutuhkan kerangka berpikir visual (terbalik) kendaraan terhadap batas-batas lingkungan. Poin ini yang harus dipelajari dan didalami oleh para pengemudi pemula,” ucapnya. 

Baca juga: Belum Lama Dijual di Indonesia, Hyundai Setop Produksi Ioniq Juli 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.