Mengenal Jenis-jenis Power Steering pada Mobil

Kompas.com - 09/03/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Power steering merupakan salah satu sistem pada kebanyakkan mobil-mobil keluaran baru, yang berfungsi untuk mempermudah pengemudi saat mengendalikan roda kemudi dan bermanuver di jalan.

Power steering dapat mengurangi beban pengemudi saat membelokkan roda kemudi. Tanpa adanya power steering, bermanuver di jalan seperti belok dalam kecepatan rendah atau belokan 90 derajat dapat menjadi hal yang menyulitkan.

Beberapa mobil sport yang tingkat kendalinya tinggi tidak memiliki power steering, karena bobotnya lebih ringan dan rodanya tidak terlalu tebal. Namun, mobil sekarang umumnya dilengkapi power steering demi mempermudah kendali setir.

Baca juga: Saat Parkir Posisi Ban Depan Tidak Lurus, Bisa Merusak Power Steering?

Disitat dari situs Car and Driver, ada tiga jenis power steering yang biasa digunakan pada mobil.

1. Hydraulic Power Steering

Pada tahun 1950an hingga awal tahun 2000an, jenis power steering yang paling banyak digunakan ialah hidrolik. Power steering jenis ini menggunakan cairan hidrolik yang diberi tekanan dari pompa mesin.

"Jadi pada sistem ini terdapat reservoir tank, vane pump untuk fluida, control vale, steering hose, steering gear, oil power steering. Karena ada tekanan oli, maka membuat putaran kemudi mobil jadi lebih ringan," jelas Suparna, Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak seperti dikutip Kompas.com.

Kekurangan dari power steering jenis hidrolik ini adalah pompanya tetap aktif, bahkan ketika mobil sedang berjalan lurus dan tidak membutuhkan bantuan dari power steering.

Selain itu, cairan hidrolik pada komponen hydraulic power steering harus diganti secara berkala, atau power steering tidak dapat bekerja.

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

2. Electric Power Steering

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.