Rumor Kawasaki Bangkitkan Eliminator 250, Pakai Mesin ZX-25R

Kompas.com - 10/12/2021, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R dinilai sukses di pasaran. Sebab, untuk sekarang ini, hanya motor sport tersebut yang dibekali mesin 250 cc 4-silinder.

Dikutip dari Greatbiker.com, Jumat (10/12/2021), Kawasaki kabarnya akan memanfaatkan mesin tersebut untuk membuat model lain.

Baca juga: Kawasaki Siapkan Z250RS Pakai Mesin ZX-25R?

Sebelumnya, Kawasaki dikabarkan akan mengembangkan Z250RS 4-silinder. Belum lama ini, pabrikan Jepang tersebut dikabarkan akan menghidupkan kembali model legendaris, yakni Eliminator 250. Konsep motornya pun sudah dibuat secara digital oleh Shinji Miyakubo.

Kawasaki Eliminator 250Dok. Greatbiker.com Kawasaki Eliminator 250

Untuk diketahui, Eliminator pertama kali diluncurkan pada 1985 lalu. Motor bergaya cruiser tersebut awalnya menggunakan mesin yang sama seperti GPZ, yakni berkapasitas 900 cc dan 750 cc, 4-silinder segaris.

Pada 1986, Kawasaki menghadirkan Eliminator 400. Tak berhenti sampai di situ, Kawasaki juga meluncurkan Eliminator 250 pada 1987.

Namun, untuk Eliminator 250 mengandalkan mesin 2-silinder segaris, seperti yang digunakan GPZ250R. Pada masanya, motor tersebut yang paling bertenaga dibanding kompetitor sekelasnya.

Baca juga: Harga Ninja ZX-25R dan Kompetitornya di November 2021

Dengan mesin ZX-25R, ada satu yang diragukan jika benar akan dibenamkan pada Eliminator 250. Mesin 4-silinder tersebut memiliki tenaga hingga 45 tk dengan putaran mesin yang sangat tinggi.

Kawasaki Eliminator 250Dok. Greatbiker.com Kawasaki Eliminator 250

Karakter mesinnya cukup berlawanan dengan konsep motor bergaya cruiser, di mana membutuhkan torsi yang tinggi, bukan tenaga yang besar.

Namun, jika karakter mesinnya tidak disesuaikan, Eliminator 250 akan sulit untuk dikendarai dengan tenaga dan putaran mesin yang sangat tinggi.

Sayangnya, kabar tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak Kawasaki. Jadi, belum diketahui secara pasti kapan motor tersebut akan meluncur ke pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.