Kebiasaan Buruk Pengendara Motor, Keluar Gang Tanpa Tengok Kanan-Kiri

Kompas.com - 05/10/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi kecelakaan AUTOACCIDENTIlustrasi kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan motor yang melibatkan aksi asal selonong dari dalam gang menuju jalan besar memang kerap terjadi. Padahal, kondisi jalan utama sedang tidak aman, sementara pengendara motor seolah tak acuh sehingga bisa tertabrak dan alami kecelakaan.

Namun, cara yang benar ketika pengendara motor keluar dari gang ini masih sedikit yang paham. Mereka menganggap pengguna jalan lain bisa menghindari mereka, sehingga tidak akan kena tabrak.

Melihat kejadian tersebut, Trainer Yamaha Riding Academy Muhamad Arief memberikan beberapa tips untuk pengguna motor agar terhindar dari kecelakaan saat keluar dari gang.

Baca juga: Sulit Dikelabui, Polisi Hafal Pelat Nomor Asli dan Palsu

Pengendara motor memotong jalanFoto: Tangkapan layar Pengendara motor memotong jalan

“Pastikan saat keluar gang, motor berhenti dahulu dan nyalakan lampu sein. Saat berhenti, pastikan posisi kendaraan bisa terlihat jelas oleh pengendara lain,” ucap Arief kepada Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika berhenti, motor jangan terlalu maju ke jalan utama, kondisi ini yang berpotensi tertabrak kendaraan lain. Ketika sudah diam, tengok kanan dan kiri untuk memastikan jalanan utama aman untuk dimasuki.

“Jika kendaraan lain terlihat cepat mendekat, berarti dia sedang melaju kencang. Sebaiknya tunggu saja, biarkan kendaraan lewat dan aman,” kata Arief.

Baca juga: Klasemen Pebalap MotoGP 2021 Setelah GP Amerika

Ketika sudah dipastikan aman dan ingin masuk ke jalan utama, jaga posisi motor tidak melebar ke tengah jalan. Lakukan manuver dengan perlahan jika memang ingin ke tengah jalan.

“Dahulukan pengendara yang ada di jalur utama. Selalu konsentrasi dan waspada terhadap kemungkinan bahaya yang terjadi,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.