Bus Kota Trans-Jogja Setop Operasional Sementara Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 19/07/2021, 11:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Angka penularan virus Covid-19 di Indonesia kian meningkat belakangan ini, tidak terkecuali di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

PPKM Darurat di seluruh wilayah Jawa dan Bali pun diterapkan sejak 3 Juli 2021 guna menekan angka penularan virus Covid-19 ini. Penyekatan dan pembatasan mobilitas pun dilakukan di tiap-tiap daerah.

Di Yogyakarta, berbagai ruas jalan dalam kota maupun jalan penghubung antar daerah turut mengalami penutupan demi membatasi pergerakan masyarakat.

Baca juga: Honda CB190TR Meluncur, Tampang Neo Retro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DIY (@dishubdiy)

 

Imbasnya, beberapa sektor pun terpaksa diberhentikan sementara. Salah satunya adalah moda transportasi umum dalam kota, yakni bus Trans-Jogja.

Berdasarkan Surat Edaran Dishub Yogyakarta Nomor 551/14883 16 Juli 2021, operasional bus Trans-Jogja diberhentikan sementara guna membatasi pergerakan masyarakat dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dilansir dari pengumuman yang diunggah oleh akun instagram resmi Dinas Perhubungan Yogyakarta di @dishubdiy, Sabtu (17/7/2021), penyetopan operasional sementara bus Trans-Jogja dilakukan terhitung mulai hari Minggu (18/7/2021) hingga masa PPKM berakhir sesuai instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Saat Libur Idul Adha

Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.tribunnews.com Ilustrasi sopir mengendarai armada Teman Bus di Palembang.

Lebih detail, disebutkan koridor-koridor bus Trans-Jogja yang berhenti operasional sementara, yakni koridor 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan 11.

Sementara itu, untuk armada BTS Teman Bus dilakukan perubahan jadwal operasional. Untuk Koridor 1 Rute Ngaglik beroperasi pukul 05.00-17.57.

Lalu Koridor 2 Rute Godean beroperasi pukul 05.00-18.36. Dan yang terakhir Koridor 3 Rute Ngemplak beroperasi pukul 05.00-18.07.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.