Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Penumpang Saat Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 02/06/2021, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menaiki bus atau transportasi umum lainnya yang ada di dalam kota memang praktis. Apalagi saat ini, transportasi umum sudah mulai mudah diakses dan ongkosnya juga ekonomis.

Naik bus perkotaan memang dikemudikan oleh pengemudi, namun sebagai penumpang juga harus tetap waspada. Tidak jarang juga transportasi umum terlibat dalam kecelakaan dan penumpang di kabin bisa jadi korbannya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menggunakan transportasi umum memiliki risiko yang tinggi. Selain berdesakan, standar keamanannya rendah dan banyak pengemudinya yang mengabaikan keselamatan.

Baca juga: Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Kena Paku di Jalan

Bus TransJakarta terlibat kecelakaan dengan angkot di Jalan Raya Pemuda, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2020).ANTARA/HO-Laka Lantas Jaktim Bus TransJakarta terlibat kecelakaan dengan angkot di Jalan Raya Pemuda, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2020).

Oleh karena itu, sebagai penumpang harus selalu waspada ketika aik transportasi umum. Ada beberapa tips bagaiamana naik kendaraan umum dengan aman yang bisa dilakukan oleh penumpang.

“Pertama, perhatikan cara mengemudinya. Apabila ugal-ugalan atau tidak terampil, segera ambil langkah untuk turun,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Kedua, perhatikan apa yang harus dilakukan penumpang ketika dalam kondisi emergency. Perhatikan peralatan keselamatan apa saja yang tersedia. Jangan sampai penumpang terjebak apabila terlibat kecelakaan.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

“Ketiga, tentukan di mana posisi duduk atau berdiri. Pastikan posisi mudah atau dapat menjangkau pintu dengan segera apabila dibutuhkan evakuasi darurat,” kata Sony.

Keempat, hindari menaiki kendaraan umum yang berdesakan demi kesehatan dan keamanan. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, lebih baik tunggu armada lain yang lebih sepi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com