Headrest di Jok Mobil Jangan Dilepas, Akibatnya Bisa Fatal

Kompas.com - 07/02/2020, 13:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Keamanan dan kenyamanan saat berkendara menggunakan mobil menjadi hal utama bagi seorang pengendara saat melakukan perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi wajib memperhatikan berbagai hal penunjang keselamatan selama berkendara.

Salah satu penunjang keselamatan berkendara adalah keberadaan headrest atau sandaran kepala pada jok mobil. Meski memiliki bentuk yang relatif kecil tetapi benda ini tidak bisa disepelekan.

Bahkan headrest ini bisa menyelamatkan pengemudi maupun penumpang mobil dari cedera leher yang lebih parah atau bahkan dari kematian.

Headrest ini memiliki fungsi menahan kepala dari gaya dorong saat terjadi benturan atau dorongan. Hanya saja, selama ini masih banyak pemilik mobil yang mengabaikan fungsi dari sandaran kepala tersebut.

Dengan berbagai alasan, sehingga mengabaikan dari sisi keselamatan berkendara mereka pun melepas headrest dari jok mobil.

Baca juga: Ubah Yamaha Scorpio Karatan Jadi Tracker

 

Ilustrasi setelan sandaran kepala.consumerreports.org Ilustrasi setelan sandaran kepala.

Padahal, hal tersebut justru sangat membahayakan pengendara. Pasalnya jika sewaktu-waktu terjadi tabrakan atau benturan, leher berpotensi mengalami cedera parah.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya penahan kepala atau headrest. Sehingga leher bisa mengalami whisplah, yakni suatu cedera leher di mana leher dipaksa menjulur terlalu jauh ke belakang lalu secara cepat maju ke depan.

Jika ini terjadi maka tulang leher bisa saja patah dan yang terparah adalah menyebabkan kematian seketika.

Maka dari itu Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menyarankan kepada para pemilik mobil agar tidak melepas headrest tersebut apapun alasannya.

Baca juga: Jasa Marga Mau Ganti Rugi Ban Pecah di Tol, Simak Cara Klaim

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.