Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Berkendara Camper Van, Beda dengan Mobil Biasa

Kompas.com - 06/02/2020, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com – Mobil recreational vehicle (RV) dan camper van mulai banyak populasinya di Indonesia.

Namun, harus diketahui mengemudikan RV dan camper van memiliki beberapa perbedaan dibanding kendaraan lain karena dimensinya yang besar dan tinggi.

Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Centre (RDC) mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan ketika mengemudi kendaraan yang besar dan tinggi.

“Hal yang pertama ketika mengemudikan kendaraan yang besar adalah lebih berhati-hati terutama ketika melibas tikungan. Kendaraan yang besar memiliki pusat gravitasi yang lebih tinggi dibanding kendaraan biasa,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Alasan RV dengan Sasis Truk 4 Roda Paling Ideal di Indonesia

RV Delima JayaKompas.com/Fathan Radityasani RV Delima Jaya

Pusat gravitasi yang tinggi membuat roll over angle-nya cukup besar. Hal tersebut menyebabkan kendaraan lebih mudah terbalik.

“Hal yang kedua yaitu perhatikan blind spot kendaraan. Kendaraan yang lebih besar memiliki blind spot yang lebih besar dibanding kendaraan kecil,” ucap Marcell.

Selalu perhatikan sekitar mobil, apalagi RV yang sulit untuk melihat karena bodi belakangnya yang sudah dimodifikasi. Pengemudi RV juga harus memaksimalkan fungsi spion yang besar pada kendaraannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com