Tips Aman Berkendara Camper Van, Beda dengan Mobil Biasa

Kompas.com - 06/02/2020, 16:01 WIB
rv delima jaya Kompas.com/Fathan Radityasanirv delima jaya

DEPOK, KOMPAS.com – Mobil recreational vehicle ( RV) dan camper van mulai banyak populasinya di Indonesia.

Namun, harus diketahui mengemudikan RV dan camper van memiliki beberapa perbedaan dibanding kendaraan lain karena dimensinya yang besar dan tinggi.

Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Centre (RDC) mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan ketika mengemudi kendaraan yang besar dan tinggi.

“Hal yang pertama ketika mengemudikan kendaraan yang besar adalah lebih berhati-hati terutama ketika melibas tikungan. Kendaraan yang besar memiliki pusat gravitasi yang lebih tinggi dibanding kendaraan biasa,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Alasan RV dengan Sasis Truk 4 Roda Paling Ideal di Indonesia

RV Delima JayaKompas.com/Fathan Radityasani RV Delima Jaya

Pusat gravitasi yang tinggi membuat roll over angle-nya cukup besar. Hal tersebut menyebabkan kendaraan lebih mudah terbalik.

“Hal yang kedua yaitu perhatikan blind spot kendaraan. Kendaraan yang lebih besar memiliki blind spot yang lebih besar dibanding kendaraan kecil,” ucap Marcell.

Selalu perhatikan sekitar mobil, apalagi RV yang sulit untuk melihat karena bodi belakangnya yang sudah dimodifikasi. Pengemudi RV juga harus memaksimalkan fungsi spion yang besar pada kendaraannya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X