Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Bergaya Mengemudi Hanya Pakai Satu Tangan

Kompas.com - 05/02/2020, 13:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com – Bagi orang yang sudah biasa mengemudikan mobil, kadang ada hal yang disepelekan seperti cara memegang setir dan olah kemudinya.

Ketika sudah mahir, ada pengemudi yang hanya menggunakan satu tangan yang memegang lingkar kemudi.

Sedangkan menyetir dengan satu tangan tidak sesuai dengan standar keselamatan. Pengemudi sebaiknya menggunakan kedua tangannya ketika menyetir.

Lalu untuk mengolah setir, ada cara yang sesuai dengan standar keamanan dan ini harus dipahani semua orang yang sering berkendara mobil.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan kalau cara olah setir yang sesuai dengan standar keamanan yaitu menggunakan teknik push and pull.

Baca juga: Begini Cara Pasang Sabuk Pengaman yang Benar

“Cara ini dilakukan jika ingin belok ke kanan, jika diibaratkan setir adalah jam, tangan kanan pindah ke jam 12 dan menarik kemudi ke arah jam 6. Tangan kiri mendorong kemudi dari jam 6 ke arah jam 12. Oleh karena itu teknik ini dinamai push and pull,” ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Stir kemudi Ferrari Dino 308 GT4 Stir kemudi Ferrari Dino 308 GT4

Teknik ini merupakan yang teknik dasar untuk mengolah setir. Bagi pengemudi yang hanya menggunakan satu tangan, cara itu sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan.

Dikhawatirkan ketika terjadi kecelakaan, air bag yang mengembang dari setir bisa melukai tangan.

“Kalau mengolah kemudi dengan satu tangan, bisa membahayakan pengemudi itu sendiri dan ingat untuk tidak menggenggam kemudi, cukup dengan memegang saja,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com