Jangan Pernah Bergaya Mengemudi Hanya Pakai Satu Tangan

Kompas.com - 05/02/2020, 13:22 WIB
pegang setir yang benar Kompas.com/Fathan Radityasanipegang setir yang benar

DEPOK, KOMPAS.com – Bagi orang yang sudah biasa mengemudikan mobil, kadang ada hal yang disepelekan seperti cara memegang setir dan olah kemudinya.

Ketika sudah mahir, ada pengemudi yang hanya menggunakan satu tangan yang memegang lingkar kemudi.

Sedangkan menyetir dengan satu tangan tidak sesuai dengan standar keselamatan. Pengemudi sebaiknya menggunakan kedua tangannya ketika menyetir.

Lalu untuk mengolah setir, ada cara yang sesuai dengan standar keamanan dan ini harus dipahani semua orang yang sering berkendara mobil.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan kalau cara olah setir yang sesuai dengan standar keamanan yaitu menggunakan teknik push and pull.

Baca juga: Begini Cara Pasang Sabuk Pengaman yang Benar

“Cara ini dilakukan jika ingin belok ke kanan, jika diibaratkan setir adalah jam, tangan kanan pindah ke jam 12 dan menarik kemudi ke arah jam 6. Tangan kiri mendorong kemudi dari jam 6 ke arah jam 12. Oleh karena itu teknik ini dinamai push and pull,” ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Stir kemudi Ferrari Dino 308 GT4 Stir kemudi Ferrari Dino 308 GT4

Teknik ini merupakan yang teknik dasar untuk mengolah setir. Bagi pengemudi yang hanya menggunakan satu tangan, cara itu sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan.

Dikhawatirkan ketika terjadi kecelakaan, air bag yang mengembang dari setir bisa melukai tangan.

“Kalau mengolah kemudi dengan satu tangan, bisa membahayakan pengemudi itu sendiri dan ingat untuk tidak menggenggam kemudi, cukup dengan memegang saja,” kata Marcell.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X