Dikebut, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Bisa Digunakan Saat Lebaran

Kompas.com - 21/01/2020, 17:12 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama. ANTARA FOTO/Fakhri HermansyahSejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya, PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS), optimistis proyek pengerjaan sebagian paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan bisa rampung pada masa libur lebaran 2020.

Direktur Utama PT JSS Dedi Krisnariawan Sunoto, menyebutkan, ruas sepanjang 8,7 kilometer (km) yang menghubungkan Taman Mekar-Sadang ini direncanakan bisa beroperasi secara fungsional ketika arus balik lebaran.

"Rencananya jalur fungsional yang disiapkan adalah untuk arus balik lebaran nanti. Para pengguna jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta bisa manfaatkan ini," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Ini Daftar 28 Gerbang Tol yang Kena Aturan Ganjil Genap Jakarta

Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ditargerkan beroperasi fungsional saat arus balik Lebaran 2020.Dok. Jasa Marga Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ditargerkan beroperasi fungsional saat arus balik Lebaran 2020.

Detailnya, nanti para pengguna jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta, bisa keluar di Simpang Susun Sadang lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Pengemudi lalu melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri dibangun dengan panjang 62 kilometer, dengan terdiri atas 3 paket. Yakni:

- Paket 1 (Jati Asih-Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 kilometer.
- Paket 2 (Setu-Taman Mekar) sepanjang 24,85 kilometer.
- Paket 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer.

"Kalau Paket 1 sendiri statusnya kini dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design (DED), sedangkan untuk Paket 2 masih persiapan tender,” jelasnya.

Sementara paket 3, dijelaskan hingga saat ini proses pembebasan lahan yang sudah mencapai 73,88 persen. Sedangkan untuk pengerjaan konstruksinya, mencapai 12,58 persen.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X