Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Rem pada Motor yang Terendam Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Musibah banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banyak kendaraan yang terendam, termasuk sepeda motor. Setelah banjir surut, pemilik motor sebaiknya mengecek kendaraannya sebelum menggunakannya.

Salah satu bagian motor yang penting dan harus dicek adalah bagian rem. Menurut Hilman, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor di Bogor, motor yang terendam performa remnya akan berkurang tidak seperti biasanya.

“Untuk motor yang remnya masih tromol, performa rem bisa berkurang kalau terendam. Namun untuk yang cakram ganda, efek terendam tidak akan mengurangi performa pengereman,” ucap Hilman kepada Kompas.com, Kamis, (2/1/2020).

Baca juga: Penjelasan Mengapa Penggunaan Lampu Rem Kelap-kelip Dilarang

Ilustrasi rem tromol pada sepeda motorWeLoveHonda Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor

Pemilik motor sebaiknya melakukan pengecekkan sebelum dipakai. Disarankan juga memperhatikan sistem pengereman karena rem adalah komponen yang penting dalam berkendara.

“Sebelum dikendarai sebaiknya untuk motor yang masih menggunakan rem tromol mengecek bagian kabel rem, tuas rem yang bawah. Kalau bisa dibongkar tromolnya untuk melihat kondisi kampas rem dan per yang ada di dalam,” ucap Hilman.

Bagi motor yang sudah cakram ganda, cek bagian-bagian seperti kampas rem, kaliper, piringan rem, master rem, dan jangan lupa minyak rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com