Penerapan Sistem Satu Arah di Puncak Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2019, 15:01 WIB
Antrean panjang kendaraan memadati keluar pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6). Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke jalur wisata Puncak sebanyak 33.754 mobil pribadi yang ingin memanfaatkan libur hari raya Idulfitri 1439 H sehingga diberlakukan sistem satu arah untuk mengurangi kepadatan di kawasan tersebut. ANTARA FOTO/Arif FirmansyahAntrean panjang kendaraan memadati keluar pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6). Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke jalur wisata Puncak sebanyak 33.754 mobil pribadi yang ingin memanfaatkan libur hari raya Idulfitri 1439 H sehingga diberlakukan sistem satu arah untuk mengurangi kepadatan di kawasan tersebut.
|

BOGOR, KOMPAS.com - Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan diberlakukan sistem buka tutup satu arah atau one way secara tentatif selama musim liburan Natal dan tahun baru 2020.

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, aturan tersebut telah diterapkan sejak Sabtu (21/12/2019). Menurut dia, rekayasa lalu lintas ini terbukti efektif.

"Sehingga kita terapkan situasional, tentatif, manakala hari Senin (23/12/2019) sudah banyak masyarakat yang ingin berlibur menggunakan jalur Puncak," katanya dalam keterangan resmi, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Terlalu Padat, Akses Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dibatasi

Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyebutkan, pemberlakuan one way secara tentatif selama liburan akhir tahun ini merupakan hasil dari analisis dan evaluasi (anev) Polres Bogor pada tahun-tahun sebelumnya.

"Rekayasa lalu lintas one way terbukti efektif. Pada pekan kemarin, yaitu sekitar jam 15.30 WIB, jalur Puncak telah dinormalkan kembali dua arah karena kepadatan arus telah berkurang," kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, sistem satu arah menuju atas (arah Puncak) berlaku sejak pukul 07.30 WIB sampai 12.30 WIB. Kemudian, pada pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB, satu arah diberlakukan menuju bawah atau Jakarta.

Baca juga: Jalur Puncak Bakal Ditutup Jelang Tahun Baru, Cari Jalur Alternatif

Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.

Fadli melanjutkan, berdasarkan data yang ada, kendaraan yang keluar Gerbang Tol Ciawi pada Minggu (22/12/2019) sebanyak 22.490 kendaraan. Kemudian, pada hari yang sama sampai pukul 18.00 WIB, kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Ciawi sebanyak 20.711 kendaraan.

"Berdasarkan data tersebut, anggota Satlantas Polres Bogor tetap bersiaga untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Puncak," ujarnya.

"Tentunya pembukaan dan penutupan arus ini akan menyesuaikan kondisi arus di lapangan, kami membagikan informasi secara real time di akun Instagram, Twitter, dan Facebook @tmcpolresbogor," kata Fadli.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X