Toyota Paparkan Pencapaiannya di 2019

Kompas.com - 13/12/2019, 07:22 WIB
Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya. DewantoroPenampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang tutup tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjabarkan sejumlah pencapaian dari penjualan produk-produknya. Mulai dari Avanza, Rush, sampai line-up kendaraan hibrida.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM, menjelaskan sepanjang 2019 Toyota berhasil menaikkan sejumlah pencapai. Termasuk dari market share yang meningkat 1,5 persen dari tahun lalu.

"Peningkatan 1,5 persen menjadi kurang lebih 32 persen. Kalau bicara tahun lalu ini sesuai prediksi, karena saat ditanya waktu itu saya bilang minimum sama dengan 2018, yakni sekitar 30,8 persen. Jadi 2019 ini kita tutup dengan 32 persen market share," ujar Henry kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: C-HR Dominasi Penjualan Hybrid Toyota di Indonesia

Pencapaian ini menurut Henry tak lepas dari beberapa kesukseskan jajaran produk yang dipasarkan, salah satunya Avanza. Sejak versi minor change-nya diluncurkan pada awal 2019 ternyata sambutannya cukup tinggi.

Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.TAM Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.

Situasi ini dibuktikan dengan terkereknya market share Avanza dari 28 persen menjadi 34 persen. Henry mengklaim hal tersebut tak lepas dari stategi yang diterapkan, yakni memberikan nilai lebih melalui desain yang fresh serta menerapkan strategi harga yang bisa diterima masyarakat.

"Kedua itu Rush yang meneruskan keberhasilannya setelah full model change di 2018 di mana market share-nya naik signikan dari 42 persen menjadi 54 persen," kata Henry.

Baca juga: Imbas BBN-KB, Toyota Resmi Naikkan Harga Produknya

5 mobil Toyota yang dilengkapi teknologi hybrid terkiniTAM 5 mobil Toyota yang dilengkapi teknologi hybrid terkini

Selain produk konvensional, pertumbuhan pada kendaraan hybrid juga dianggap cukup drastis. Apalagi dengan adanya beberapa produk baru yang diluncurkan sepanjang 2019, seperti C-HR, Camry, dan Corolla.

"Total penjualan Hybrid kami selama 10 tahun ini sudah lebih dari 2.400 unit. Paling penting, tahun ini penjualan hybrid per bulannya naik lima kali lipat dibandingkan sebelum kami kenalkan C-HR, Camry, dan Corolla. Jadi meski masih kecil, tapi per bulannya sudah di atas 50 unit," ujar Henry.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X