Menteri Baru Jokowi Siap Pakai Mobil Baru Pekan Depan

Kompas.com - 27/10/2019, 09:02 WIB
Toyota Crown Foto: IstimewaToyota Crown

JAKARTA, KOMPAS.com - Para menteri di kabinet pemerintahan era Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024 dalam waktu dekat bakal menerima unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Mobil baru tersebut saat ini disebut sudah berada di Sekretariat Negara (Setneg) sejak 30 September 2019. Tinggal menunggu pendistribusiannya saja ke tiap menteri dan pejabat setingkat.

"Secara kewajiban kita sudah menyerahkan semua unit (101 unit) itu kepada pihak Setneg sesuai deadline. Pendistribusian nanti langsung dilakukan Setneg," kata Koordinator Auto2000 Wilayah DKI 1 Riki Rusdiono di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

"Setahu saya, minggu depan ini pendistribusiannya," ujarnya.

Baca juga: Perbedaan Mobil Menteri Baru Jokowi dengan Versi Standar

Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-ExecutiveToyota Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandy mengatakan, 101 unit Crown berteknologi hibrida tersebut tidak hanya untuk diperuntukkan menteri saja. Tapi juga pejabat setingkat serta mantan Presiden.

"101 unit sudah tersedia di diler," katanya.

Lalu, baik pihak TAM maupun Auto2000 juga menegaskan unit yang sama tidak bisa dibeli secara umum atau ritel.

"Kalau mau pesan pakai importir umum bisa, tapi pasti di luar tanggung jawab Auto2000 dan TAM," kata  dia.

Baca juga: Toyota Jaga Eksklusivitas Mobil Menteri Jokowi

Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-ExecutiveToyota Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

TAM ditunjuk sebagai penyedia mobil dinas menteri yang baru setelah induk perusahaan, PT Astra International, memenangkan tender pengadaan kendaraan menteri dan setingkatnya untuk digunakan selama periode 2019-2024.

Sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang disediakan, menggantikan mobil dinas menteri yang lama, Toyota Crown Royal Saloon. Mobil dibawa langsung dari Jepang.

"Tidak ada (modifikasi) yang khusus pada mobil ini, umum-umum saja seperti pemasangan kaca film, tiang bendera untuk bendera Indonesia, kemudian tempat pelat nomor," kata Anton.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X