Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Unit Calya dan Sigra Jadi Armada Taksi Express

Kompas.com - 10/10/2019, 13:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duet mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) Calya dan Sigra, resmi menjadi armada taksi Next Express. Sesaat lagi keduanya pun akan segera beroperasi di jalanan Jabodetabek.

Menurut Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, total ada 1.000 unit Calya dan Sigra yang dibeli dan akan digunanakan sebagai peremajaan taksi Express.

"Nanti fokus operasinya untuk di kawasan bandara. Jumlahnya ada 1.000 unit, tapi paling mendominasi Calya. Untinya dipesan bertahap karena memang ada proses, seperti harus ganti warna, pemasangan stiker, dan atribut lainnya," kata Shafruhan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Calya dan Sigra Resmi Jadi Taksi Milik Express

Lebih lanjut Sahrufan mengatakan pemesanan pertama jumlahnya mencapai 500 unit, dan sisanya akan menyusul. Semua yang dipesan merupakan model terbaru yang baru saja meluncur bulan lalu.

Mengenai jenis varian yang digunakan, baik Calya maupun Sigra yang dijadikan armada taksi adalah tipe terbawah dengan transmisi manual. Kedua dipesan langsung melalui jaringan diler Toyota dan Sigra.

Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express Calya dan Sigra jadi armada taksi Next Express

Saat ditanya alasan kenapa PT Express Trasindo Utama kenapa memilih unit Calya dan Sigra untuk meremajakan armadanya, Sahfruhan hanya menjelaskan bila itu sudah menjadi kebijakan perusahaan.

Baca juga: Daihatsu Tepis Sigra Jadi Mobil Favorit Taksi Online

"Itu semua digunakan untuk peremajaan, nah untuk mulai operasional setahu saya rencananya akan beroperasi mungkin akhir tahun ini, nanti akan diinfokan lagi," ujar Safruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com