Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Berbagi Jurus Menghindari Potensi Crash

Kompas.com - 02/10/2019, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Motocross bukan sekedar hobi bagi Marc Marquez. Berkat olahraga tersebut, ia mengaku bahwa bisa membantu keseimbangan saat berlaga MotoGP.

Motocross merupakan salah satu kegiatan yang digemari beberapa pebalap MotoGP, tak terkecuali untuk The Baby Alien, Marquez. Bahkan, kegiatan tersebut sudah dilakoninya sejak berusia sekitar 9 tahun.

"Saya memulai semuanya di motocross, itu dimulai sejak masih kecil. Bagi saya, motocross lebih dari sekadar latihan, tapi sebuah gairah," ujar Marquez seperti dilansir Speedweek, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: Marquez Menang Terus, Ducati Tak Akui Kehebatan Honda

Marc Marquez merayakan gelar juara MotoGP San Marino di Misano, 15 September 2019. AFP/MARCO BERTORELLO Marc Marquez merayakan gelar juara MotoGP San Marino di Misano, 15 September 2019.

Berkendara di atas lintasan berpasir diakui memiliki berbagai manfaat khususnya yang menunjang kegiatan balap. Salah satunya meminimalisir risiko kecelakaan.

"Setiap lap berbeda di trek MX. Anda bisa melaju di salah satu lap dan tiba-tiba sudah ada banyak pebalap lain di trek tersebut, lintasannya pun berubah. Jadi diperlukan reaksi yang cepat untuk mengendalikan tunggangan dan menemukan jalan terbaik tanpa kehilangan kecepatan," katanya.

"Motocross benar-benar latihan yang baik untuk melatih reaksi saat berkendara motor MotoGP. Lebih jauh, bisa membantu mencegah pebalap terjatuh," ujar Marquez lagi.

Baca juga: Marquez Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP 2019 di Thailand, Kalau...

Marc Marquez menang di GP San Marino.MotoGP Marc Marquez menang di GP San Marino.

Saat ini, Marquez kerap berlatih di MX track bersama mantan juara MX asal Spanyol, Jose Luis Martinez.

Frekuensi Marquez mengalami crash pada musim ini juga menurun dibandingkan dua musim terakhir. Rider berusia 26 itu hanya sekali gagal finish akibat kecelakaan di lintasan saat balapan di seri MotoGP Austin, Amerika Serikat, April 2019.

Kini, Marquez sangat dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2019. Berdasarkan hasil klasmen sementara, dia unggul 98 poin di atas Dovizioso yang menempati urutan kedua dengan torehan 300 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com