Mitsubishi Indonesia Mulai Tergoda Hadirkan Xpander 1.3L

Kompas.com - 25/09/2019, 09:02 WIB
Mitsubishi Xpander mau pakai mesin diesel? Stanly/KompasOtomotifMitsubishi Xpander mau pakai mesin diesel?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengakui bahwa untuk menjadikan Xpander sebagai mobil terlaris di Indonesia, perlu ada varian baru. Varian baru ini salah satunya adalah opsi menawarkan produk lebih terjangkau dengan bekalan mesin 1.300 cc (1.3L).

Melalui pilihan mesin tersebut, harga mobil bisa menjadi sedikit lebih murah dan dapat menggoda konsumen fleet lebih banyak. Saat ini, kontributor terbesar penjualan Xpander ialah individu atau retail (80 persennya).

Saat ini, pihak MMKSI hanya memperkenalkan varian GLX dan GLS untuk konsumen fleet. Tapi, harga mobil yang diberikan masih terlampau tinggi bagi mereka sehingga rangsangannya masih kurang.

Baca juga: Genap 2 Tahun, Penjualan Xpander Tembus 130.000 Unit

Mitsubishi Xpander.Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander.

"Konsumen fleet itu sangat sensitif prihal pricing. Mereka ingin mobil bermodel Xpander namun dengan harga yang lebih terjangkau karena ada pertimbangan operational cost dan lain sebagainya," kata Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya, beberapa waktu lalu.

Menurut Imam, opsi dengan menawarkan varian 1.3L, harga Xpander bisa lebih kompetitif dari yang ada di pasar saat ini.

"Kita juga sadar, konsumen fleet ini masih sedikit karena kemarin fokusnya adalah mengabulkan keinginan konsumen yang antre inden," ujarnya lagi.

Baca juga: Mitsubishi Bicara Rumor Xpander 1.3L

Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Transportasi Awak Kabin Garuda IndonesiaKOMPAS.com / Aditya Maulana Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Transportasi Awak Kabin Garuda Indonesia

Kendati demikian, pihak MMKSI belum berencana untuk membuat varian 1.3L untuk Xpander. Tetapi yang jelas, dalam beberapa waktu ke depan mobil keluarga fenomenal tersebut bakal mulai digencarkan untuk masuk ke konsumen fleet.

"Trigger (untuk ke konsumen fleet) baru saja dilakukan setelah kami masuk ke Garuda dan Mandiri. Nanti fleet kecil-kecilan akan digarap juga," kata Imam.

Tapi untuk bisa menjadi nomor satu, Imam melanjutkan, memang penting untuk menghadirkan pilihan mesin 1.3L.

Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

"Saya tidak tahu ke depannya, namun memang varian 1.3L itu signifikan. Saat ini, MMKSI ingin berkonsentrasi ke 1.5L dahulu. Lagipula, kami baru memperkenalkan dua produk baru lagi yaitu Triton dan Eclipse Cross," ujarnya.

Sebagai informasi, sepanjang 2018 Xpander yang hanya tersedia satu pilihan mesin mampu mencetak angka penjualan sebesar 75.075 unit dengan pangsa pasar 44 persen (29 persen di total pasar kelas LMPV).

Sementara Toyota Avanza dengan dua pilihan mesin, 1.3L dan 1.5L, mampu mencetak torehan 82.167 unit dengan pangsa pasar 31,3 persen di total kelas LMPV.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X