Begini Cara Melihat Data Smart SIM dari Handphone

Kompas.com - 23/09/2019, 07:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) atau SIM Pintar punya beberapa keunggulan dibandingkan SIM model lama. Salah satunya, yaitu menyimpan data-data pribadi dari pemilik SIM itu sendiri.

Guna mengetahui isinya, pemilik SIM tak perlu repot datang ke kantor polisi. Tetapi cukup dengan mengunduh aplikasi Smart SIM yang tersedia bagi handphone berbasis android.

Selain mengunduh aplikasi, pemilk Smart SIM juga harus memastikan bahwa handphone yang dimiliki telah memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Baca juga: Smart SIM Simpan Data Pelanggaran, Apa Fungsinya?

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Sebab lewat fitur tersebut, kartu Smart SIM yang ditempelkan ke handphone dapat terbaca isinya. Lantas apa saja isinya?

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, dalam presentasinya saat acara peluncuran di Jakarta (22/9/2019), mengatakan ada beberapa hal yang bisa dipantau oleh pemilk SIM.

Baca juga: Nasib SIM Lama Setelah Muncul Smart SIM

Menurut dia, mulai dari membuka data forensik kepolisian milik pribadi, membuka data traffic attitude record, dan penalty point. Hingga membuka saldo uang elektronik, dan melihat nomor telepon penting yang dicantumkan saat registrasi.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

“Dengan memanfaatkan kemajuan jaringan teknologi informasi, satuan kepolisian terus menciptakan inovasi-inovasi baru demi memberikan kemudahan bagi masyarakat, pelayanan yang prima dan keamanan yang terus terjaga,” kata Irjen Pol Refdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.