Kenalan dengan Teknologi Baru Dua SUV Peugeot

Kompas.com - 10/09/2019, 18:49 WIB
Peugeot 5008 dan 3008 StanlyPeugeot 5008 dan 3008
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) kembali mengenalkan kembali teknologi yang diusung pada kedua produknya, Peugeot yakni 3008 dan 5008.

Seperti diketahui, mobil sport utility vehicle ( SUV) asal Perancis ini datang dengan beberapa teknologi baru. Beberapa diantaranya seperti mesin Efficient - Turbo High Pressure, transmisi EAT6 (Efficent Automatic Transmission 6), serta Advance Grip Control.

Aftersales Support Astra Peugeot Samsudin, menjelaskan beberapa teknologi kendaraan yang diboyong pada kedua SUV asal Perancis tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia.

Baca juga: Peugeot Mau Ikutan Bawa Mobil Listrik ke Tanah Air

"Mesin kita 1.600 cc turbo dengan tenaga 167 tk. Kode mesin yang kiga pakai EP6FDDTM THP 167, makna M di akhir kode tersebut menandakan bila mesin tersebut bisa digunakan di seluruh dunia, khususnya untuk negara tropis seperti di sini," ujar Samsudin, kepada wartawan di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (10/9/2019).

Mesin turbo 1.600 cc Peugeot 5008 Mesin turbo 1.600 cc Peugeot 5008

Tidak hanya itu, penyesuaian yang dilakukan untuk mesin Peugeot 3008 dan 5008 menurut Ssamsudin juga termasuk soal jenis bahan bakar minyak (BBM).

Artinya, walaupun beberapa negara seperti Indonesia belum memiliki kualitas bahan bakar Euro 6, mesin tersebut masih bisa menenggaknya.

Ketika ditanya apakah kedua SUV "Singa Perancis" tersebut juga bisa mengkomsumsi BBM rendah seperti RON 90. Samsudin menjelaskah hal tersebut bisa saja dilakukan bila dalam kondisi tertentu.

"Seperti Pertalite itu masih bisa, tapi konteksnya tidak boleh terus-terusan bila terpaksa saja seperti lagi di suatu daerah yang tak ada RON 95 atau di atasnya. Karena bila terus mengkonsumsi bahan bakar yang tidak sesuai bisa menimbulkan kerusakan," kata Samsudin.

Baca juga: Cara Peugeot Manjakan Konsumen 3008 dan 5008

Test drive Peugeot 5008 Test drive Peugeot 5008

Kerusakan yang dimaksud Samsudin mengarah pada sistem injeksinya. Baik untuk 3008 dan 5008 menggunakan high pressusre pump yang memiliki tekanan hingga 200 bar guna menyalurkan bahan bakar yang dibutuhkan injector rail.

Jumlah injektornya sendiri memiliki tujuh spray ports yang telah diposisikan sesuai dengan rongga piston agar membentuk campuran yang jhomogen antara udara dan bahan bakar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X