Mogok Lagi, Biaya Servis Mobil Jokowi Bisa Capai Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 06/09/2019, 11:35 WIB
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. IstimewaMobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mogoknya Mercedes-Benz S600 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo pada Kamis (5/9/2019) ditanggapi beragam hal oleh banyak kalangan.

Kejadian mogok ini bukan kali pertama, Jokowi sendiri mengaku sudah sepuluh kali mobilnya mogok waktu dipakai dinas.

Mobil Jokowi memang bukan tipe terbaru, S600 Pullman Guard keluaran 2009 tersebut sudah digunakan sejak zaman presiden SBY. Memasuki usia 10 tahun, kini sedan berkelir hitam itu mulai merongrong.

Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matic di bilangan Bintaro Jakarta Selatan, Herman Efendi Prabowo, berujar perlu ada penanganan serius jika penyebab mogoknya mobil presiden berada di sektor transmisi.

Baca juga: Mobil Jokowi Mogok, Berikut Analisa Kerusakannya

Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).Fabian Januarius Kuwado Mobil kepresidenan Indonesia-1 saat menjajal Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).

“Jika benar karena sistem transmisi yang bermasalah, artinya terjadi kegagalan kerja transmisi matik,” kata Hermas kepada Kompas.com, Jumat (6/9/2019).

Ia mengatakan, solusi paling ideal tentu meninggalkan mobil lama, dan mengganti dengan yang baru. Mengingat usia mobil yang sudah cukup berumur, perlu melakukan banyak perbaikan agar kondisi mobil segar kembali.

Namun kalau ingin dipertahankan pun tak masalah, Hermas hanya mengingatkan ada ongkos yang tidak sedikit untuk menyempurnakan kembali S-Class itu.

Baca juga: Mobil Dinasnya Mogok Saat Kunjungan ke Pontianak, Ini Komentar Jokowi

Mobil Toyota Inova B 1124 BH milik Joko Widodo terparkir bersebelahan dengan mobil Mercedes Benz B 1178 RFT milik Jusuf Kalla.KOMPAS.com/FABIANUS JANUARIUS KUWADO Mobil Toyota Inova B 1124 BH milik Joko Widodo terparkir bersebelahan dengan mobil Mercedes Benz B 1178 RFT milik Jusuf Kalla.

“Solusinya kedua harus mengganti sistem transmisi secara menyeluruh. Saya kurang tahu pastinya, tapi ini biayanya cukup mahal, bisa mencapai ratusan juta rupiah,” ungkapnya.

Paling mudah tentu saja dengan melakukan servis besar, sistem transmisi mobil presiden niscaya akan pulih kembali.

“Bisa diperbaiki dengan overhaul matik, biayanya juga tidak terlalu besar. Tapi nanti akan kambuh lagi sewaktu-waktu,” tutup Hermas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X