Skema PPnBM Baru Sudah Klop

Kompas.com - 27/08/2019, 07:02 WIB
BMW Group Indonesia memperkenalkan prototipe garasi khusus untuk mobil listrik di International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/4/2018). Garasi ini dapat menghasilkan listrik dari sinar matahari dan memiliki panel surya di bagian atapnya. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIBMW Group Indonesia memperkenalkan prototipe garasi khusus untuk mobil listrik di International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/4/2018). Garasi ini dapat menghasilkan listrik dari sinar matahari dan memiliki panel surya di bagian atapnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Skema baru Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) disebut sudah menemui kesepakatan. Regulasi yang mengharuskan kendaraan lebih ramah lingkungan ini tinggal menunggu persetujuan saja.

Awalnya, Menteri Perekonomian Sri Mulyani merencanakan skema PPnBM yang pengenaannya tak lagi berdasarkan kapasitas mesin dan bentuk kendaraan terbit tak lama setelah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan era kendaraan listrik berbasis baterai diundangkan.

Sudah dua minggu Perpres 55/2019 terbit, skema PPnBM baru tak kunjung muncul. Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nasruddin Djoko Surjono menyatakan, hal ini karena memang ada beberapa kendala.

Baca juga: Serbuan Impor CBU Mobil Listrik Bisa Golakan Industri Otomotif

Kepala charging station, mobil listrik Ha:mo di Universitas Chulalongkorn, Bangko, Thailand, Selasa (30/1/2018).Agung Kurniawan/Kompas.com Kepala charging station, mobil listrik Ha:mo di Universitas Chulalongkorn, Bangko, Thailand, Selasa (30/1/2018).

Tetapi ia meyakinkan bahwa saat ini PPnBM baru sudah disetujui oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), DPR, dan pihak terkait. Hanya menunggu proses akhir saja.

"Sekarang masih proses, mungkin sebentar lagi. Tinggal teknikal, administrasi saja," katanya di sela-sela diskusi Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Pengurangan Polusi Udara dan Penggunaan BBM, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

"Dari sisi substansi (PPnBM pada Peraturan Presiden/PP) sepertinya sudah klop. Sejauh ini tidak ada perubahan," kata Nasruddin.

Skema PPnBM pada Peraturan Pemerintah (PP)KOMPAS.com/Ruly Skema PPnBM pada Peraturan Pemerintah (PP)

Nasruddin tidak bisa memastikan kapan PP tersebut terbit. Tapi menurut pendapatnya, kemungkinan akan dirilis jelang akhir tahun.

"Regulasi ini memang menjadi perbincangan penting di Kementerian Keuangan untuk segera diselesaikan. Kalau sudah selesai, segera," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X