Mobil Terlaris di Calon Ibu Kota Baru Indonesia Masih Toyota Avanza

Kompas.com - 26/08/2019, 09:02 WIB
Toyota Avanza Veloz di GIIAS 2019 Toyota Avanza Veloz di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Karakter konsumen atau pembeli mobil di calon ibu kota baru Indonesia, Kalimantan Timur, ternyata tak jauh berbeda dengan kota besar lainnya seperti DKI Jakarta. Di mana, mobil keluarga (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) jadi pilihan utama.

Kepala Cabang Auto2000 Balikpapa, M Zainuri, menyatakan, dari total penjualan rata-rata mobil Toyota di sana, Avanza mendominasi hingga 30 persennya.

"Karakter konsumen di Kalimantan Timur hampir sama dengan daerah lain, jumlah penumpang masih jadi perhatian utama. Hingga saat ini, model paling laris adalah Avanza," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Kendati demikian, M Zainuri melanjutkan, warga Kalimantan Timur lebih menyukai warna-warna terang dibanding gelap seperti silver dan putih. Hal ini dapat dibuktikan dari total mobil berwarna gelap yang beredar.

Baca juga: Pindah Ibu Kota, Mobil Murah Bakal Tetap Mendominasi

Disebutkan juga bahwa memiliki mobil di calon ibu kota baru Indonesia tersebut tidak ada masalah. Tak banyak komponen mobil yang 'rewel' ketika sering digunakan. Hanya saja, pemilik mobil masih sukar untuk servis rutin tepat waktu.

Hal ini disebabkan lokasi dan jarak yang belum bersahabat. Kebanyakan mobil juga digunakan di lokasi kerja seperti tambang dan perkebunan sehingga jarang sekali untuk keluar (untuk ke diler atau sebagainya).

Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019  diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

"Secara teknis sebenarnya tidak ada kendala, namun banyak yang tidak bisa tepat waktu untuk lakukan servis rutin," ujar M Zainuri.

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Diusulkan ke Wilayah Indonesia Timur

Sebelumnya, Pemerintah berencana untuk memindahkan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan. Hal ini dilakukan karena DKI Jakarta dinilai sudah terlalu padat, di samping demi pemerataan pembangunan.

Meski belum dikatakan secara pasti lokasi calon ibu kota baru ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut Provinsi Kalimantan Timur memiliki peluang terbesar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X