Tes Singkat SUV China Berteknologi Listrik, DFSK Glory E3

Kompas.com - 26/08/2019, 08:42 WIB
DFSK Glory E3, SUV listrik dari China DFSK Glory E3, SUV listrik dari China
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ajang pameran otomotif nasional di Tangerang pada Juli 2019 lalu, DFSK memboyong mobil bergenre sport utility vehicle ( SUV) spesialnya, yakni Glory E3.

Meski datang dari keluarga Glory, tapi untuk model yang satu ini sangat berbeda karena sumber tenaganya tak lagi menggunakan mesin konvensional, melainkan murni dari listrik yang menggunakan baterai.

Beberapa waktu lalu, Kompas.com diberikan kesempatan menjajal singkat sensasi mengendarai Glory E3. Sayang, kondisinya benar-benar terbatas, baik dari segi waktu maupun ruang pengetesan.

Baca juga: Punya Glory E3, DFSK Masih Pelajari Perpres Mobil Listrik

Tanpa banyak bicara, redaksi langsung membuka pintu E3 seelah kunci kontak diberikan. Objek pertama yang menjadi perhatian adalah tatanan dasbor yang ternyata sangat minimalis, namun sudah dilengkapi dengan beragam tombol fungsi di sekitarnya yang sangat ergonomis bagi pengendara.

Jangan kaget bila melihat sistem kemudi yang letaknya tak berada di tempat seharusnya, yakni sebelah kanan. Untuk Glory E3 yang didatangkan langsung dari China memang kemudinya masih ada di sebelah kiri, ini juga menjadi kali pertama awak redaksi menjajal mobil setir kiri di Indonesia.

DFSK Glory E3, SUV listrik dari China DFSK Glory E3, SUV listrik dari China

Duduk di belakang setir, pandangan langsung tertuju pada indikator yang muncul di layar di depan setir, tepatnya pada panel speedometer. Banyak informasi yang dihadirkan saat tombol start setop ditekan. Menariknya, mobil ini benar-benar bebas dari bising, tak ada suara dan getaran yang terasa saat dihidupkan. Hal ini akan sangat membingungkan bagi yang baru pertama mengendari mobil listrik.

Walau posisi berkendara ada di sebelah kiri, tapi secara keseluruhan tak berbeda dengan mobil konvensional lainnya. Ketika mobil dalam kondisi hidup, tombol di konsul tengah juga langsung naik ke atas. Nah, tombol ini berfungsi sebagai tuas transmisi dengan model knop tang diputar searah jarum jam dengan pilihan P, R, N, dan D.

Baca juga: Cerita Singkat Kencan Bersama DFSK Glory 560

Tepat di sebelah sistem transmisi, tersedia tiga tombol fungsi lainnya yang berguna untuk memiliki mode berkendara, kamera 360, serta fitur pengingat untuk menyetel kecepatan rendah saat melaju di keramaian pejalan kaki.

DFSK Glory E3KOMPAS.com/Ruly DFSK Glory E3

Dari segi kenyamanan rasanya tak perlu diragukan, begitu juga untuk material yang digunakan pada kabin. Untuk seukurannya, Glory E3 sudah cukup mewah, bahkan lebih mewah dari Glory 580 atau 560.

Berkendara

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X