Penjualan Mitsubishi Triton di Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

Kompas.com - 16/08/2019, 08:42 WIB
Detil produk terbaru Mitsubishi yang hadir di GIIAS 2019, New Triton UltimateKompas.com/Setyo Adi Detil produk terbaru Mitsubishi yang hadir di GIIAS 2019, New Triton Ultimate

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mencatat penjualan Triton di Indonesia terbesar tiga dunia. Hasil ini diklaim sebagai bukti bahwa pikap kabin ganda tersebut diterima dengan baik.

Berdasarkan data yang diperoleh MMKSI, selama 17 tahun di Indonesia Triton sudah menorehkan angka penjualan 80.000 lebih. Hal ini membuat Indonesia sebagai salah satu negara terbanyak yang menggunakan Triton setelah Thailand dan Australia.

" Mitsubishi Triton usianya sudah 40 tahun di global, sedangkan di Indonesia masih 17 tahun. Meski seperti itu, populasi (penjualan) Triton di sini sudah menduduki posisi ke-3 di dunia dengan angka sekitar 80.000 unit," kata Nakamura di Tangerang, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Triton Bisa Minum Solar Murah

Tidak hanya itu, Triton juga diklaim menjadi pikap kabin ganda berpenggerak empat roda paling laris di Indonesia selama semester pertama (periode Januari-Juni) tahun 2019. Dari total penjualan 7.747 unit, Triton berhasil mencetak market share sebesar 65 persen.

"Sampai saat ini, penerimaannya sangat baik. Bahkan selama tahun 2019 kontribusinya mencapai 65 persen dimana 95 persen berasal dari model 4x4 dan sisanya, 5 persen, dari model 4x2," ujar Nakamura.

Artinya, sejauh ini Triton mampu mengungguli Toyota Hilux, Ford Ranger, Mazda BT 50 SC, Isuzu D-max, Nissan Frontier, serta Chevrolet Colorado. Penjualan Triton didominasi oleh konsumen fleet atau pembeli borongan yakni sebesar 90 persen.

Baca juga: Sedikit Bahas Perubahan Mitsubishi Triton

Mitsubishi TritonKOMPAS.com/Ruly Mitsubishi Triton

"Ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia mempercayai ketangguhan Triton untuk menunjang kegiatannya. Wilayah terbesar masih dikuasai Kalimantan dengan kontribusi 40 persen, disusul Sumatera, Jakarta, dan lainnya," ujar Nakamura.

Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menambahkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan torehan tersebut. Namun belum ada target khusus untuk Triton mampu dijual oleh konsumen individu atau selain perusahaan atau fleet.

"Tidak ada goal untuk meningkatkan market share secara implisit. Target utama kita adalah menyediakan produk terbaik dan meningkatkan layanan purna jual. Bila hal ini selalu dikembangkan, market share akan mengikuti dan naik. Kami percaya itu," katanya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X