Toyota HiAce Cocok Jadi Angkot Berfasilitas AC

Kompas.com - 15/08/2019, 12:28 WIB
Sejumlah kendaraan parkir liar di trotoar yang berada di Jalan Sunda, Jakarta Pusat. Badan trotoar dengan luas lebih dari 8 meter itu dengan sengaja dijadikan tempat parkir belasan motor serta sebuah mobil berplat merah. Mobil hiace milik pemerintah bernomor polisi B-7636-PPA itu parkir di tengah trotoar. Hal itu membuat sejumlah pejalan kaki kesulitan melintas, Selasa (10/7/2018). KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBASejumlah kendaraan parkir liar di trotoar yang berada di Jalan Sunda, Jakarta Pusat. Badan trotoar dengan luas lebih dari 8 meter itu dengan sengaja dijadikan tempat parkir belasan motor serta sebuah mobil berplat merah. Mobil hiace milik pemerintah bernomor polisi B-7636-PPA itu parkir di tengah trotoar. Hal itu membuat sejumlah pejalan kaki kesulitan melintas, Selasa (10/7/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong masyarakat pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ingin menyediakan transportasi umum yang nyaman dan aman.

Salah satunya yakni menyediakan moda sejenis '' mikrolet.'' Moda transportasi ini akan dijalankan oleh TransJakarta. Melihat kesempatan ini, Auto2000, sebagai diler Toyota, menawarkan Toyota HiAce.

Baca juga: Dukung Ganjil Genap, Toyota HiAce Bakal Disulap Jadi Angkot

Biyouzmal, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 1, mengatakan, saat ini hal tersebut masih tahap pembicaraan. Sebab Dishub memanggil beberapa merek mobil mana yang cocok dijadikan moda ini.

"Karena ganjil genap diperluas, Dishub harus menyediakan alat transportasi yang lebih baik karena yang sekarang kan kurang layak, mereka ingin menganti yang ada. Tapi karena ini proses karena kami hanya menawarkan yang ada (HiAce), terlepas nanti kebijakannya siapa yang dipilih itu urusan TransJakarta," kata Biyouzmal, kepada Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Promo Merdeka, Innova Diskon Puluhan Juta Rupiah

Biyouzmal mengatakan, sebagai diler Toyota pihaknya mengatakan siap jika HiAce bisa dijadikan moda transportasi umum. Sebab produk ini punya beberapa keunggulan yang cocok digunakan di Jakarta.

''Untuk spesifikasi dan persyaratannya apa saja itu ada di Dishub. Tapi salah satunya, persyaratannya ialah kendaraan di bawah 6 meter, kami sebagai diler menawarkan HiAce," katanya.

Bentuk Jok
Seperti diketahui HiAce memiliki bentuk jok terpisah dan dapat menampung hingga 16 orang penumpang. Jika pun HiAce menang tender dan dipakai sebagai ''mikrolet'' maka tergantung TransJakarta.

"Kalau itu tergantung daripada hasil dripada tim Transjakarta yang akan melihat ini kapasitas berapa sih. Mereka pasti juga bagaimana bangkunya dibikin nyaman dan lainnya. Hanya saja, dari kami, secara fasilitas mobil ini sudah layak, tampangnya bagus, ber-AC dan lainnya," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X