Total 12 Mobil Esemka Jalani Uji Tipe, 1 Unit Tak Lulus

Kompas.com - 13/08/2019, 16:37 WIB
Sosok pikap kabin ganda milik Esemka di pabrik Boyolali, Jawa Tengah. Fitri Oktarini/KOMPAS TVSosok pikap kabin ganda milik Esemka di pabrik Boyolali, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, sudah ada 12 unit mobil Esemka yang melakukan uji tipe. Namun, ada satu unit tidak lulus

Budi tidak menjelaskan model apa yang tidak lulus uji tipe itu. Dia hanya memastikan sudah ada pemberitahuan untuk melakukan perbaikan agar unit yang tidak lulus itu bisa kembali menjalani uji tipe.

Kemungkinan, model yang belum lulus uji tipe, yakni Esemka Garuda 1. Sebab sebelumnya, Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub pernah mengatakan, SUV itu belum boleh diproduksi massal karena terkendala batasan emisi.

Baca juga: Ternyata Esemka Masih Ada dan Mulai Produksi

"Waktu itu Sertifikat Uji Tipe (SUT) masih Euro II, kalau mau diproduksi sekarang batasannya harus Euro IV untuk mesin bensin," kata Dewantoro ketika ditemui di Jakarta pada Selasa (21/5/2019).

Syarat utama, jika ingin segera diproduksi massal maka harus menaikkan standar emisi gas buang menjadi Euro4. Kemudian setelah itu melakukan SUT ulang sebagai syarat untuk diproduksi.

Sebelumnya, liputan eksklusif yang dibuat produser Fitri Oktarini dari KompasTV bersama tim dalam program Cerita Indonesia, Jumat (29/3/2019) petang berhasil melihat langsung pabrik Esemka di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah.

Rata-rata mobil yang diproduksi berjenis pikap sama dengan yang beberapa bulan lalu Kompas.com lihat saat bertandang ke sana. Selain perakitan, pabrik Esemka pun memiliki fasilitas tes jalan untuk menguji kendaraan yang selesai diproduksi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X