Uji Coba Contraflow Tol Dalam Kota Diperpanjang

Kompas.com - 11/08/2019, 21:05 WIB
Mengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018). KOMPAS.com/Farida FarhanMengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta mengurangi potensi kepadatan, PT Jasa Marga (Persero) regional JabotabekJabar melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan merelokasi pintu masuk contraflow jalan Tol Dalam Kota.

Relokasi uji coba contraflow ini terbagi pada dua lokasi yakni Km 0+200 Halim dan Km 1+700 Cawang.

Berdasarkan evaluasi, langkah tersebut dinilai berjalan efektif. Kepadatan lalu lintas yang menuju jalan Tol Dalam Kota dapat terurai lebih cepat dari sebelumnya baik itu dari arah jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun arah jalan Tol Jagorawi.

Sehingga, contraflow bakal diperpanjang sampai Selasa, 13 Agustus 2019 pada pukul 06.00-08.00 WIB di ruas Cawang dan 08.00-10.00 WIB di Halim.

Baca juga: Awas, Mau Masuk-Keluar Gerbang Tol Juga Kena Ganjil Genap

"Jasa Marga regional JabotabekJabar dan Kepolisian memutuskan untuk melanjutkan uji coba relokasi titik awal contraflow pada hari Senin-Selasa (12-13 Agustus 2019)," papar Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Division Head Reza Febriano dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Selama uji coba di dua lokasi titik tersebut pada hari Jumat (9/8/2019) kemarin, lanjutnya, tercatat Km 0+200 Halim melayani 1.079 kendaraan per jam atau sebanyak 36 persen kendaraan dari total 2.985 kendaraan dari arah jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju Tol Dalam Kota (Grogol).

Baca juga: Dilarang Putar Balik di Jalan Tol, Sanksinya Besar

Sedangkan Km 1+700 Cawang melayani 1.189 kendaraan per jam atau sebanyak 21 persen kendaraan dari total 5.621 kendaraan dari arah Jalan Tol Jagorawi-Priok-Cikampek yang menuju Jalan Tol Dalam Kota (Grogol).

"Kami akan tetap melihat perkembangan di lapangan jika memang lalu lintas terlihat sudah lancar maka tidak menutup kemungkinan contraflow ditutup lebih cepat dari seharusnya," ujar Reza.

"Jasa Marga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul dalam masa uji coba perubahan titik awal contraflow Jalan Tol Dalam Kota," kata Irra Susiyanti, Corporate Communication Department Head Jasa Marga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X