Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Veloz Sudah Terjual 1,75 Juta Unit di Indonesia

Kompas.com - 10/08/2019, 15:42 WIB
Dewantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia 16 tahun lalu, hingga kini Toyota Avanza Veloz sudah terjual hingga 1,75 juta unit. Jumlah itu menunjukkan bahwa MPV dengan konsep 7 penumpang ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota Astra Motor Andri Widianto pada Festival Akbar Avanza-Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019).

Menurut Andri, Medan berada di peringkat ke lima sebagai pasar yang potensial seperti halnya dengan kota-kota besar lainnya.

"Penjualannya sendiri, pada semester 2019 sudah terjual 2.000 unit di Indonesia. Artinya, per bulan ada 165 unit. Di Medan, pasar, penerimaan dan potensinya bagus," katanya Andri di Medan, Sabtu (10/8/2019).

Baca juga: Avanza Masih Pimpin Penjualan Toyota

Andri mengakui, pertumbuhan pasar dibandingkan tahun sebelumnya mengalami penurunan 13 persen. Namun hal ini merata di semua wilayah. Menurutnya, ada beberapa faktor penyebabnya, yakni bisa dari sosial politik, ekonomi, pergerakan mobil baru dan lainnya.

"Tapi kita tidak bisa menuduh satu faktor tertentu, tetapi ini sangat mempengaruhi satu sama lain," kata dia.

Selanjutnya, mengenai kompetisi kendaraan dari merek lain, Toyota menilai sebagai hal positif di mana masyarakat menjadi memiliki banyak pilihan. Bagi Toyota sendiri, persaingan ini menjadi penyemangat untuk tampil lebih baik ke depannya.

Festival Akbar Avanza-Veloz Sebangsa

Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto mengangkat bendera saat melepas konvoi Sebangsa Fun Trip menuju situs-situs wisata di Kota Medan. Kota ini menjadi pembuka festival yang digelar sebagai bentuk komitmen dan apresiasi kepada pengguna Avanza Veloz.Dewantoro Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto mengangkat bendera saat melepas konvoi Sebangsa Fun Trip menuju situs-situs wisata di Kota Medan. Kota ini menjadi pembuka festival yang digelar sebagai bentuk komitmen dan apresiasi kepada pengguna Avanza Veloz.

 

Dia menambahkan, Festival Akbar Avanza-Veloz Sebangsa Sebagai merupakan bentuk komitmen dan apresiasi kepada pelanggan. Program ini sebenarnya sudah ada sejak 2008 dengan nama Avanza Nation kemudian dilanjutkan lada 2014 dengan nama Avanza Nation Journey kemudian terakhir pada 2017.

"Selama program Avanza nation ini pengguna semakin banyak dan membentuk seperti bangsa baru lah kira-kira begitu. Makanya kami lanjutkan program baru Avanza Veloz Sebangsa atayy Semakin Bangga Sama-sama," katanya.

Selain itu, program ini juga untuk memeriahkan kemerdekaan RI. Program ini digelar di 11 kota di Indonesia. Medan menjadi kota pertama mewakili kota besar Indonesia di wilayah barat selama dua hari. Program ini, lanjutnya, akan berakhir pada 24 November mendatang di Jakarta.

"Setelah Medan, ini juga akan digelar di Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Makasar, Manado, dan Balik Papan," katanya.

Dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa ini, ada tiga kegiatan utama yakni Sebangsa Fun Trip yang mengajak pengguna mengunjungi situs-situs wisata. Selain itu juga ada Sebangsa Festival dan Sebangsa Seru.

Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto saat memberikan pernyataan dalam Festival Avanza Sebangsa di Medan Fair, Medan, Sabtu (10/8/2019). Sejak 16 tahun diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, sudah 1,75 juta unit terjual.Dewantoro Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto saat memberikan pernyataan dalam Festival Avanza Sebangsa di Medan Fair, Medan, Sabtu (10/8/2019). Sejak 16 tahun diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, sudah 1,75 juta unit terjual.

"Kita mengajak pengguna jalan bersama ke situs wisata. Salah satunya Pantai cermin, dan ikon Gereja Maria Annai Velangkanni," katanya.

Untuk dapat mengikuti acara Sebangsa Festival ini, pelanggan mendaftar secara langsung di lokasi acara, atau melakukan proses pendaftaran dengan cara yang lebih mudah dan cepat melalui microsite www.avanzavelozsebangsa.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com