Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer Milik YouTuber

Kompas.com - 01/08/2019, 09:22 WIB
Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem. YouTube Atenx KatrosModifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merebaknya tren motor custom yang didominasi dengan motor sport tak menyurutkan para pemilik motor matik untuk memodifikasi motornya. Seperti yang dilakukan oleh YouTuber kondang satu ini, yaitu Bimo Putra Dwitya atau yang lebih dikenal dengan julukan Picky Picks.

Bimo mempercayakan motor matik Yamaha Mio miliknya kepada Batakastem. Bengkel modifikasi motor yang terletak di daerah Pamulang, Tangerang Selatan, ini mengambil konsep matic custom dengan aliran cafe racer.

Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.YouTube Atenx Katros Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.

"Konsepnya bisa dibilang cafe racer, sudah ada ciri khasnya buntut tawon. Konsep cafe racer juga dipakai karena memang motor ini mau dipakai sendiri, jadi pakai single seat," ujar Abraham Simatupang, builder Batakastem, kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2019).

Pria yang akrab disapa Bram ini menjelaskan, basis motor matik dipilih karena sang pemilik tidak bisa menggunakan motor kopling. Maka itu, Yamaha Mio menjadi pilihannya.

Menurut Bram, bagian tersulit dari meng-custom matik yang satu ini yaitu di bagian rangkanya. Sebab, bagian rangka mulai dari tengah ke belakang harus dibikin baru. Sasis depan sampai tengah masih pakai bawaan Mio. Hanya ada penambahan footstep di tengah. Sementara tengah ke belakang, ada penambahan subframe.

Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.YouTube Atenx Katros Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.

"Bagian buntut tawon dan skid plate, kita pakai plat galvanis dengan ketebalan 1 mm," kata pria yang akrab disapa Bram tersebut.

Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.YouTube Atenx Katros Modifikasi Yamaha Mio Cafe Racer oleh Batakastem.

Kesulitan lainnya ada di bagian depan, tepatnya di suspensi depan. Bagian suspensi depan menggunakan suspensi dari motor Yamaha Scorpio. Sehingga, komstir pun harus diubah untuk menyesuaikan suspensi yang baru.

Sementara untuk warnanya sendiri, didominasi warna hitam, sesuai pesanan dari sang pemilik. Asrul mengatakan, proses pengerjaannya sendiri memakan waktu hanya dua bulan. Sementara kisaran harganya, mencapai Rp 15 jutaan.

Data spesifikasi Yamaha Mio " Cafe Racer":
Ban Depan dan Belakang: Pirelli Angle Scooter 90/80-14
Pelek Depan: V.Rossi 1.85
Pelek Belakang: V.Rossi 2.15
Tromol Depan: Yamaha RX-King
Cakram Depan: Yamaha RX-King
Sokbreker Depan: Yamaha Scorpio
Sokbreker Belakang: YSS Z-Series
Lampu Depan: Daymaker 5,75"
Lampu Belakang LED Stripe 3 in 1
Lampu Sein Depan: LED Aftermarket
Speedometer: Aftermarket
Knalpot: Batakastem

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X