Alasan Honda Enggan Bawa Monkey Z125 Biru ke Indonesia

Kompas.com - 19/07/2019, 15:52 WIB
Honda Monkey Z125 KOMPAS.com/GilangHonda Monkey Z125

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah roadshow di dua pameran besar, Honda Monkey Z125 akhirnya meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Dibanderol Rp 65 juta on the road (OTR) DKI Jakarta,

Monkey Z125 yang meluncur hanya membawa tiga pilihan warna yaitu merah, kuning dan hitam. Sedangkan warna biru tidak dimasukan oleh Astra Honda Motor (AHM) selaku APM Honda di Indonesia.

Baca juga: Siapkan Rp 65 Juta buat Bawa Pulang Honda Monkey dari GIIAS 2019

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, mengatakan, warna biru tidak dibawa masuk karena dianggap kurang disukai konsumen. Hal itu terlihat dari survei yang dilakukan AHM di IMoS 2018 dan IIMS 2019.

"Kenapa kita baru luncurkan, kembali seperti yang lalu, setelah dipamerkan beberapa kali di pameran kita melihat animo konsumen cukup besar dan ada potensi pasar. Kita lihat, preferensi konsumen untuk warna animo paling besar di kuning, merah, dan hitam," kata Thomas di GIIAS, Kamis (19/7/2019).

Honda Monkey kembali jadi pajangan di booth Honda di Telkomsel IIMS 2019Kompas.com/Donny Honda Monkey kembali jadi pajangan di booth Honda di Telkomsel IIMS 2019

Sejarah Honda Monkey dapat ditelusuri sejak tahun 1964, kala itu Honda memasarkan sepeda motor dengan bodi mungil, yakni Z50. Namun, motor ini lebih dikenal dengan julukan Honda Monkey.

Baca juga: Honda Monkey Z125 Sudah Ramai dari Importir Umun

Julukan tersebut diberikan karena pengendara yang menggunakan motor ini akan terlihat seperti monyet sirkus yang mengendarai motor mainan. Memang, dimensinya tergolong mungil dan lucu.

Monkey Z125 mengusung mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc berpendingin udara dengan bore x stroke sebesar 52,4 x 57,9, dan perbandingan kompresi 9,3:1 menghasilkan 6,9kW dan torsi 11 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.