Ketahui Perbedaan Antara Pilih Nopol Cantik dan Nopol Sendiri

Kompas.com - 16/07/2019, 07:22 WIB
Warga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018). Kompas.com/Sherly PuspitaWarga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 280  mengatakan, setiap kendaraan wajib mencantumkan nomor identitas, yaitu pelat nomor.

Sementara pasal 68 ayat 1 berbunyi, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Selama ini, ada beberapa cara untuk mendapatkan pelat nomor. Sebagai contoh, yang umum ketika membeli kendaraan bermotor sang pemilik akan langsung diberikan nopol dan tidak bisa memilih karena sesuai dengan daftar atau nomor urut pada masing-masing wilayah.

Cara lain, apabila ingin mendapatkan nomor cantik maka harus mengeluarkan kocek lebih. Paling murah Rp 5 juta untuk empat angka dan huruf, dan termahal Rp 20 juta untuk satu angka dan tanpa huruf di belakang.

Baca juga: Penghapusan Data Kendaraan jika STNK Mati 2 Tahun Berlaku Tahun Ini

Rencana ke depan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan aturan pilih nopol sendiri kepada masyarakat yang membeli mobil atau sepeda motor. Bahkan, berlaku juga untuk kendaraan balik nama hingga mutasi.

Meskipun informasi lengkap belum ada, tetapi Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, rencananya masyarakat bisa pilih nopol sendiri secara online sesuai dengan keinginan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa, pilih nopol sendiri dengan prosedur memilih pelat nomor cantik alias nopol cantik berbeda.

Aturan

Sesuai aturan, berdasarkan keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

- Poin pertama dijelaskan, NRKB pilihan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X