Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panas Terik, Ban Isi Nitrogen Lebih Baik

Kompas.com - 18/06/2019, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, mengisi nitrogen untuk ban mobil atau motor semakin mudah dilakukan. Sebab, semakin banyak kios khusus ban yang tersebar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Namun, masih cukup banyak orang yang menganggap sepele pengisian nitrogen pada ban kendaraan mereka. Padahal, mengisi ban dengan nitrogen memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan diisi dengan udara biasa.

Baca juga: Bolehkah Udara Dicampur Nitrogen Pada Ban?

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana selaku produsen ban Achilles, mengatakan, nitrogen memiliki banyak molekul positif.

"Pengisian dengan nitrogen bagus untuk ban, karena menurunkan percepatan kenaikan temperatur tekanan angin saat kendaraan melaju. Membantu ban dalam menghadapi heat build up," ujar Panji, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Memakai Angin Kompresor, Murnikah Kadar Nitrogen?

Kelebihan nitrogen tersebut tentu sangat berguna saat kendaraan melaju di kondisi cuaca yang panas terik. Helmy Amri, Kepala Toko Planet Ban di daerah Depok, Jawa Barat, juga mengatakan bahwa dengan udara biasa di dalam ban, cuaca panas akan membuat udara di dalamnya memuai. Sehingga, tekanan ban menjadi lebih kencang.

"Dengan mengisi nitrogen pada ban, maka tekanan ban menjadi lebih stabil, tidak mudah memuai dan mengempis. Sehingga, ban juga menjadi lebih awet," kata Helmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com