Panas Terik, Ban Isi Nitrogen Lebih Baik

Kompas.com - 18/06/2019, 09:22 WIB
Seorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018). Kompas.com/Alsadad RudiSeorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, mengisi nitrogen untuk ban mobil atau motor semakin mudah dilakukan. Sebab, semakin banyak kios khusus ban yang tersebar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Namun, masih cukup banyak orang yang menganggap sepele pengisian nitrogen pada ban kendaraan mereka. Padahal, mengisi ban dengan nitrogen memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan diisi dengan udara biasa.

Baca juga: Bolehkah Udara Dicampur Nitrogen Pada Ban?

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana selaku produsen ban Achilles, mengatakan, nitrogen memiliki banyak molekul positif.

"Pengisian dengan nitrogen bagus untuk ban, karena menurunkan percepatan kenaikan temperatur tekanan angin saat kendaraan melaju. Membantu ban dalam menghadapi heat build up," ujar Panji, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Memakai Angin Kompresor, Murnikah Kadar Nitrogen?

Kelebihan nitrogen tersebut tentu sangat berguna saat kendaraan melaju di kondisi cuaca yang panas terik. Helmy Amri, Kepala Toko Planet Ban di daerah Depok, Jawa Barat, juga mengatakan bahwa dengan udara biasa di dalam ban, cuaca panas akan membuat udara di dalamnya memuai. Sehingga, tekanan ban menjadi lebih kencang.

"Dengan mengisi nitrogen pada ban, maka tekanan ban menjadi lebih stabil, tidak mudah memuai dan mengempis. Sehingga, ban juga menjadi lebih awet," kata Helmy.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X