Ikut "One Way" Saat Arus Balik, Ini Pesan Kakorlantas

Kompas.com - 08/06/2019, 12:01 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan arus balik Lebaran sudah mulai terasa sejak hari pertama diberlakukannya one way. Seperti diketahui, sistem satu arah ini dibuka dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada Km 414 hingga GT Cikampek Utama atau Km 70.

Mengingat panjangnya penerapan one way yang mencapai 344 km dan tingginya arus balik dibandingkan arus mudik, Kepala Korps Lalu Lintas Polri ( Kakorlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri, mengimbau masyarakat untuk selalau mementingkan keselamatan dalam berkendara.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Pemberlakuan one way ini sudah didukung mitra terkait, baik berkaitan dengan hari, tanggal, dan jam. Namun jam bukan harga mati, kita akan lihat bagaimana volume kendaraan dan saran kewilayahan," ucap Refdi dalam keterangan resminya, Jumat (7/6/2019).

Baca juga: Sinergi Berbagai Pihak, Tekan Angka Kecelakaan Mudik

Refdi menjelaskan bila penerapan one way akan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas. Bila terjadi kepadatan yang cukup panjang, maka waktu pemberlakuannya bisa dilakukan lebih lama dari yang sebelumnya telah ditentukan, yakni pada pukul 24.00 WIB.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).
"Kita akan lanjutkan sampai besok pagi jika volume kendaraan terus meningkat pada malam hari. Akan kita lakukan selama orientasinya untuk masyarakat, khususnya untuk pengendara yang melakukan arus balik," kata Refdi.

Guna menjaga kenyamanan dan kelancaran selama one way arus balik, Refdi berpesan tiga hal bagi masyarakat. Pertama untuk tidak terlalu lama berada di rest area, kedua bila terjadi masalah seperti pecah ban atau mogok untuk segera menghubungi call center, dan yang terakhir masyarkat diimbau untuk memperhatikan ketersediaan saldo kartu elektroniknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X