Kompas.com - 29/05/2019, 14:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar keselamatan berkendara sepakat pengendara harus beristirahat setiap empat jam mengemudi. Bahkan disarankan untuk tidur minimal 30 menit agar kondisi badan kembali prima.

Namun kenyataannya memiliki kualitas tidur yang baik tidaklah mudah, apalagi dalam kondisi seperti mudik Lebaran. Meski badan dan mata sudah kantuk, bukan berarti seseorang bisa tidur pulas apalagi hanya sebentar.

Baca juga: Oli Mesin Perlu Diganti Sebelum mudik, Ada Hitungannya

"Tidur itu penting. Karena itu jangan lupa bekali diri dengan ear plug (penutup kuping) dan pakai penutup mata. Karena kalau siang intensitas cahaya begitu tinggi, belum lagi suara kendaraan. Bukannya kita bisa tidur justru sering terjadi malah menambah stres," kata Jusri Pulubuhu, pendiri dan direktur pelatih Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada Kompas.com.

Baca juga: Agar Aman, Sebaiknya Mudik Berangkat Siang atau Malam Hari?

Jusri menatakan memang dalam UU pengendara mobil diperbolehkan mengemudi sampai empat jam. Namun hal tersebut tidak berlaku dalam kondisi badan sedang berpuasa. Maksimal mengemudi 90 sampai 120 menit kemudian beristirahat.

"Kita ambil tindakan prefentif yang lebih proaktif. Berdasarkan kemampuan tubuh, kita harus isrirahat kalau sudah dua jam. Tak perlu lama-lama, istirahat pertama cukup 15 menit. Kemudian tiap dua jam berikutnya cukup istirahat setengah jam," kata Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.