Pakai Roof Box Jangan Sampai Mobil Kelebihan Muatan

Kompas.com - 27/05/2019, 13:23 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi kompasiana.comIlustrasi mudik dengan mobil pribadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mudik Lebaran barang dibawa tidak sedikit, karena itu untuk menghemat ruang kabin banyak yang menggunakan roof box. Tapi membawa banyak barang di atas atap juga tidak bisa sembarangan.

Seperti diketahui roof box merupakan bagasi tambahan. Padahal setiap mobil sebetulnya punya rekomendasi bobot maksimal kendaraan setelah diisi penumpang dan barang. Di luar itu, mobil dianggap sudah kelebihan muatan.

Baca juga: Resmi, Mudik Lebaran Kemenhub Terapkan Satu Arah Sampai Brebes

"Membawa penumpang dan barang tidak bisa sembarangan, tidak boleh over weight karena akan mempengaruhi stabilitas dan kekuatan ban menahan beban," kata Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) kepada Kompas.com.

Marcell pun memberikan tips bagaimana menghitung bobot penumpang dan barang yang ideal. Sebab mobil yang kelebihan muatan tidak disarankan dikendarai karena berpotensi mencelakakan pengendara dan penumpang.

"Jadi perlu tahu dulu di buku manual mengenai GVW atau hitungan berat kendaraan, dan berat kosong kendaraan. Dari situ dikurangi bobot keseluruhan jumlah penumpang. Baru kemudian mengukur barang yang bisa dibawa," katanya.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas buat Dipakai Mudik Lebaran

Cara mengkukur penumpang dan barang supaya tidak melebihi muatan:

GVW adalah groos vehicle weight atau berat total kendaraan yang diperbolehkan menurut rancangan APM mobil. Sedangkan curb weight merupakan berat kosong kendaraan yang diukur tanpa muatan.

Misalkan Suzuki Karimun Wagon R memiliki GVW 1.350 kg dan berat kosong 835 kg. Untuk mencari bobot ideal, GVW dikurangi bobot kosong yaitu 1.350 kg - 835 kg = 515 kg. Jumlah 515 kg itu yang digunakan untuk penumpang dan barang .

Jumlah 515 kg kemudian dikurangi total bobot penumpang. Menurut peraturan, mobil LGCG bisa menampung 5 orang. Anggap tiap orang 70 kg maka total berat penumpang jadi 350 kg. Selanjutnya, 515 kg - 350 kg yakni 165 kg sisanya untuk barang-barang.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X