Ketika Mudik Wajib Didampingi Asisten Sopir

Kompas.com - 27/05/2019, 13:02 WIB
Ilustrasi mengemudi. Agung KurniawanIlustrasi mengemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik atau tradisi pulang kampung menjelang Hari Raya Idul Fitri, sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Momen tersebut akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga.

Maka dari itu, cukup banyak pemudik yang melakukan perjalanan ke kampung halaman bersama dengan keluarga. Bagi yang menggunakan mobil pribadi, peran asisten sopir begitu penting demi keamanan dan keselamatan bersama.

"Karena co-driver itu harus sama-sama waspada seperti sopir, jangan justru tidur atau mengganggu konsentrasi pengemudi," ujar Sony Sumarna, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2019).

Menurut Sony, pada umumnya seorang asisten sopir itu biasanya seorang istri atau justru anak yang sudah berusia dewasa. Tugas utama, membantu menginformasikan keadaan di depan, baik itu yang bersifat aman atau tidak aman.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil, Sopir Wajib Istirahat Setiap 3 Jam

"Kalau mau tidur sebaiknya di belakang, jika di samping pengemudi harus ikut memperhatikan kondisi jalan. Jadi apabila ada bahaya bisa dikomunikasikan ke sopir dan lain sebagainya," kata dia.

Apabila seorang istri, lanjut Sony sebaiknya bisa mengkomunikasikan atau memberikan informasi kepada suami yang sedang mengemudi dengan bahasa atau tata cara benar, agar selama di perjalanan bisa selamat sampai di kota tujuan.

"Jangan memposisikan seorang ibu-ibu yang banyak bicara sehingga mengganggu konsentrasi. Berbincang-bincang tidak masalah, asal tidak mengganggu sopir," ucap Sony.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X