Aksi Nekat Rossi di Kualifikasi GP Le Mans

Kompas.com - 19/05/2019, 12:02 WIB
Valentino Rossi melakukan aksi nekat dengan menggunakan ban slick pada kondisi trek yang setengah basah.motogp.com Valentino Rossi melakukan aksi nekat dengan menggunakan ban slick pada kondisi trek yang setengah basah.

LE MANS, KOMPAS.com - Catatan waktu Valentino Rossi cukup buruk hingga ia hanya melakukan kualifikasi Q1. Di sesi ini, Rossi mengambil tindakan nekat dengan menggunakan ban slick pada saat kondisi trek tidak kondusif.

Aksi nekatnya tersebut mendapat pujian dari rivalnya, Aleix Espargaro, yang menonton Rossi di garasinya. Pebalap pabrikan Aprilia ini berhasil langsung masuk Q2 karena catatan waktunya saat sesi latihan.

Baca juga: Dovi Merasa Terlalu Agresif di Le Mans

Perlu diketahui, Rossi adalah satu-satunya pebalap yang menggunakan ban tipe slick, sementara kondisi trek saat itu setengah kering dan setengah basah.

"Saya kagum dengan apa yang Valentino lakukan. Tentunya air di trek tidak banyak saat Q1, tapi apa yang dia lakukan luar biasa, karena bukan hanya karena pakai slick, tapi Anda harus melakukannya, Anda harus mencatat waktu terbaik," ujar Aleix, dilansir dari Motorsport.com.

Aleix menambahkan, tentunya yang dilakukan Rossi sangat berbahaya, apalagi temperatur trek saat itu cukup rendah, 15-17 derajat Celcius. Akan sulit untuk menaklukkan motor seberat 160 kg dengan 300 tenaga kuda.

Baca juga: Quartararo Tebar Ancaman di FP1 GP Le Mans 2019

Sementara Rossi menjelaskan tindakannya tersebut bukanlah untung-untungan, tapi didasarkan atas dua hal. Sebelumnya ia melakukan FP4 dengan ban basah dan merasa baik. Selain itu, di sirkuit Le Mans aspalnya bagus untuk penyerapan dan drainasenya.

"Tahun ini, kami sedikit bekerja untuk situasi cuaca yang bercampur, dan saya nyaman di atas motor. Kami meningkatkan pengaturan dan elektronik," ungkap Rossi yang biasanya kesulitan dalam kondisi seperti itu.




Close Ads X