Jajal Chopper Presiden Jokowi di Telkomsel IIMS 2019

Kompas.com - 03/05/2019, 16:31 WIB
Replika chopper milik Presiden Jokowi KOMPAS.com/GilangReplika chopper milik Presiden Jokowi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Custombike Expo & Championship (ICEC) menjadi salah satu program unggulan di Telkomsel IIMS 2019. Selain memajang motor modifikasi, di ICEC kita juga bisa test ride beberapa motor custom.

Salah satu yang paling menarik perhatian ialah replika chopper warna emas milik Presiden Jokowi. Motor ini mengunakan rangka dari Chopperland, produk kerjasama antara Veroland dari Kickass Chopper dengan Elders Garage.

Karena replika tidak semuanya persis seperti motor aslinya. Persamaannya yakni rangka, cat dan kelengkapan kendaraan lain. Sedangkan perbedaannya, kalau chooper Jokowi memakai mesin Royal Enfield, yang replika pakai punya Yamaha Scorpio.

Baca juga: Begini Rasanya Mencicipi Lambretta V200 Special

"Motor ini dirancang sangat baik. Cobain dulu, rasakan, maka akan tahu enaknya. Setang contohnya pakai model T-bar. Model ini membuat setang dekat dengan tubuh, tangan juga sejajar bahu jadi nyaman," kata Veroland, di Telkomsel IIMS 2019, Jumat (3/5/2019).

Replika chopper milik Presiden JokowiKOMPAS.com/Gilang Replika chopper milik Presiden Jokowi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nyaman

Untuk membuktikanya, Veroland mempersilahkan media untuk mencobanya. Kompas.com mendapat kesempatan beberapa putaran di area outdoor Telkomsel IIMS 2019 untuk merasakan kenyamanan dan pengendalian motor.

Reaksi pertama naik Chopperland yakni posisi berkendara yang ternyata cukup nyaman. Pengendara dengan postur di bawah 170 cm bisa menapak sempurna. Klaim Veroland bahwa setang T-bar nyaman pun terbukti. Tangan tidak terlalu menjulur ke depan, posisinya juga tidak terlalu 'dongak' seperti model ape hanger.

Selain posisi tangan, postur kenyamanan berkendara juga ditunjang posisi pijakan kaki yang tidak terlalu tinggi. Buat motor yang masuk ranah klasik chopper, posisi foot peg di Chopperland masih wajar, dengkul tidak terlalu menekuk.

Baca juga: Kenali Kymco Noodoe, Fitur Kekinian Layaknya Ponsel Pintar

Rigid

Rangka Chopperland memakai model rigid di bagian belakang. Tugas suspensi belakang untuk meredam kejut diserahkan pada ketebalan ban belakang dan kenyamanan busa jok. Chopper yang kami coba ini memakai ban Swallow Classic dengan ukuran 4.50-18 di bagian belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.